free html hit counter

Ritual-Ritual Unik Dunia di Malam Tahun Baru

BeritaBintang –  Tiup terompet, menyalakan mercon, petasan serta kembang api sembari mengucap resolusi, jadi tradisi umum, baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa di beberapa belahan dunia lain, ada tradisi yang cenderung seperti ritual unik dan aneh pada malam tahun baru?

Tradisi atau ritual unik dan aneh di beberapa negara ini, tak lain untuk mengharapkan nasib baik pada tahun 2016 yang akan tiba dalam hitungan jam ke depan. Mungkin Anda patut mencobanya jika percaya.

Berikut beberapa negara yang punya ritual aneh dan unik di malam tahun baru, sebagaimana dilansir Bioskop168 , Jumat ( 01/01/16 )

1. Ritual 12 Butir Anggur di Spanyol

Spanyol, negara yang berbagi Semenanjung Iberia dengan Portugal ini punya tradisi unik yang biasa dilakukan para warganya yang terinspirasi dari kebiasaan para petani Alicante sejak 1909. Ritual itu adalah memakan 12 butir anggur. Pada jam 00.00 malam pergantian tahun, biasanya satu butir anggur dilahap di setiap satu dentang jam yang berbunyi 12 kali.

2. Melempar Barang dari Jendela di Italia

Di Negeri Pizza – Italia, masyarakatnya masih ada yang percaya bahwa melemparkan barang-barang rumah tangga, bahkan furniture dari jendela ke luar rumah mereka, bisa mendatangkan nasib baik di tahun berikutnya. Melempar barang dari jendela pada saat malam tahun baru juga dianggap sebagai bentuk move on atau melupakan masa lalu yang buruk.

3. 108 Dentang Lonceng Kuil-Kuil di Jepang

Di Kekaisaran Jepang, tradisi atau ritual 108 dentang lonceng di malam tahun baru masih bertahan dari dulu hingga kini. Setiap kuil di Jepang, biasanya akan membunyikan masing-masing 108 lonceng, sebagai simbol ketahanan manusia terhadap 108 godaan duniawi dengan tujuan berjiwa bersih.

4. Menenggak Sisa Bakaran Keinginan di Rusia

Masyarakat di Negeri Beruang Merah juga punya ritual unik pada malam pergantian tahun. Orang-orang Rusia yang punya keinginan di tahun baru, biasanya akan menuliskannya di sebuah kertas, kemudian dibakar. Abu sisa-sisa pembakaran itu akan dilarutkan di air dalam gelas dan diminum. Dipercaya, dengan ritual ini keinginan mereka akan tercapai.

5. Dresscode Putih dan Penghormatan Iemanja di Brasil

Terdapat dua ritual unik yang biasanya dilakukan warga Brasil pada malam pergantian tahun. Yakni mengenakan dresscode atau pakaian bertema serba putih dan melakukan penghormatan kepada Dewi Kesuburan, Iemanja. Biasanya, warga Brasil berpakaian putih untuk mengharapkan kedamaian dan kemakmuran dengan diikuti prosesi tabur bunga ke lautan.

6. Tren Celana Dalam Merah di Turki

Di Turki, para wanitanya percaya bahwa jika di malam tahun baru mereka mengenakan celana dalam baru berwarna merah, mereka akan mendapatkan keberuntungan. Oleh karenanya, jelang malam tahun baru, setiap barang dagangan celana dalam merah di berbagai pasar, pasti ludes terjual.

7. Keliling dengan Koper di Kolombia, Ekuador dan Cile

Di tiga negara Amerika Selatan yakni Kolombia, Ekuador dan Cile, para warganya percaya bahwa jika mereka punya mimpi berkeliling dunia, mereka mesti melakukan ritual mengelilingi lingkungan tempat tinggal dengan membawa koper pada malam tahun baru.