free html hit counter

Ribuan orang antre beli rumah Rp20.000 di Liverpool

BeritaBintang – Ribuan orang mendaftar untuk antre membeli rumah seharga £1 atau sekitar Rp20.000 di Liverpool, Inggris.

Tercatat 2.750 orang yang menyatakan berminat membeli rumah-rumah kosong di daerah Picton.

Skema ini dimulai walikota Joe Anderson pada tahun 2013, bertujuan menghidupkan kembali daerah miskin dan meningkatkan perekonomian.

Pengelola rumah-rumah kosong di Dewan Kota Liverpool, Tony Mousdale, menyatakan kepada BBC bahwa ‘saluran pipa dan listrik sudah dicabut dan rumah-rumah itu praktis tinggal kerangka saja.’

Sebanyak 250 pelamar tidak berhasil mendapatkan rumah yang mereka inginkan dalam penawaran sebelumnya namun mereka dihubungi lagi ketika skema ini dibuka kembali.

Mousdale mengatakan rumah-rumah itu ‘lebih buruk daripada rumah lain’ dengan kertas pelapis dinding yang tua, bahkan tanpa dapur dan kamar mandi.

Syarat untuk bisa membeli rumah seharga £1 ini adalah pelamar harus bekerja atau tinggal di Liverpool rumah tersebut akan menjadi rumah pertamanya.

Pembeli yang punya anak, dan catatan bank yang baik juga akan menjadi prioritas karena mereka harus memperlihatkan punya sumber daya yang cukup untuk melakukan renovasi terhadap rumah itu.”

Beberapa rumah-rumah itu sudah kosong selama 10-15 tahun terakhir.