free html hit counter

[REVIEW] Ring of Elysium, Battle Royale Futuristik yang Ramah Untuk Pemula

BeritaBintang[REVIEW] Ring of Elysium, Battle Royale Futuristik yang Ramah Untuk Pemula

Baru-baru ini tim redaksi DG mendapat kesempatan mencoba Ring of Elysium yang sedang closed beta! Simak ulasan berikut dari kami!

Belakangan genre Battle Royale memang sedang digandrungi oleh para gamers. Nggak cuma untuk PC saja, game ini bahkan juga menyerang platform smartphone Android dan juga iOS. Terlihat bagaimana game-game battle royale bermunculan, berawa dari PUBG, kini muncul berbagai game seperti PUBG Mobile untuk Android, Rules of Survival, Fortnite, dan lain sebagainya.

Tak mau kalah, Garena pun juga merilis game Battle Royale baru untuk PC. Kemarin memang Garena sudah merilis Free Fire Battlegrounds tapi untuk mobile, kali ini ada satu lagi game Battle Royale tapi untuk PC bernama Ring of Elysium. Kebetulan tim redaksi DG mendapat kesempatan mencoba game ini terlebih dahulu dalam fase close beta. Penasaran bagaimana pendapat kami soal game ini? Simak ulasan berikut!

Ring of Elysium, Battle Royale Bergaya Futuristik

Dari segitu banyak game battle royale yang ada, Ring of Elysium mungkin bisa dibilang hanya game sejenis PUBG lainnya. Tak seperti Fortnite yang lebih absurd karena bisa bikin banguanan aneh-aneh, Ring of Elysium hanya battle royale biasa dengan rules dan gameplay yang nggak terlalu jauh beda dari game battle royale lainnya.

Kalau secara grafis, Ring of Elysium ini bisa dibilang punya gaya grafis yang beda saja daripada PUBG. Jadi agak sulit untuk membandingkan yang mana yang lebih bagus. PUBG mungkin bagus dengan gaya realistis dan penggambaran dunia yang cenderung lebih suram, lalu kalau ROE grafisnya juga bagus dengan gaya futuristik dan penggambaran dunia yang cenderung lebih cerah.

Intinya, grafis RoE itu bagus, hanya saja bisa jadi tak sesuai dengan selera beberapa orang. Sayang, grafis yang bagus ini tidak didampingi dengan animasi yang luwes di dalam permainan. Animasi RoE cenderung terlalu kaku untuk hal apapun. Salah satu yang paling terasa adalah ketika kamu akan membidik dengan menggunakan ADS atau bidikan scope lainnya.

Selain soal itu, animasi lain seperti ketika vaulting memanjat tembok, membuka pintu, atau animasi dari diri ke jongkok semuanya juga terkesan kaku. Meski tak mengejar unsur realistis, tapi tak bisa dipungkiri animasi yang kaku ini terbilang kurang memanjakan, terutama bagi kamu yang mungkin sudah terbiasa main PUBG.

Sayang dibalik grafisnya yang terbilang nggak amat sangat bagus, dan animasinya yang cenderung kaku, Ring of Elysium ini terbilang berat. Kami mencoba memainkan RoE di PC standar masa kini, dan hasilnya FPS yang dihasilkan tidak mentok di 60. Mungkin karena masih dalam tahap close beta, jadi optimasi yang dilakukan masih belum maksimal. Semoga saja nanti saat game ini masuk ke fase open beta atau fase beta selesai, game ini bisa lebih ringan lagi dengan optimasi yang dilakukan.

Battle Royale yang Ramah Bagi Pemula

Beralih ke soal gameplay Ring of Elysium punya mekanisme permainan yang tak beda jauh dari kebanyakan battle royale. Kamu berangkat dari sebuah pesawat terbang, terjun, mencari loot, lalu jadi yang terakhir bertahan hidup, sambil mengikuti lingkaran permainan. Tetapi salah satu yang membuat Ring of Elysium ini adalah lingkungan dalam game yang lebih variatif.

[ Baca Juga – Update Dota 2 Terbaru Beri Teaser Event Kill Eater? ]

Jadi dalam pertarungan, bisa saja mendadak jadi hujan, atau jadi malam, atau jadi berangin, yang akan berdampak kepada efek suara. Suara alam ini sedikit banyak tentu bakal berpengaruh ke permainan kamu karena suara langkah atau pun tembakan yang jadi sedikit lebih samar, apalagi kalau sedang hujan.

Lalu Ring of Elysium juga membawa fitur lingkungan yang interaktif. Jadi kamu bisa meruntuhkan suatu bagian bangunan jika ditembaki. Lampu bisa ditembak supaya keadaan jadi gelap. Meski ada, selama tim redaksi DG mencobanya, kami masih belum menemukan bagian lingkungkan yang interaktif tersebut.

Mengusung gameplay yang lebih arcade, bermain Ring of Elysium terbilang lebih mudah dipelajari pada awal-awal dan lebih ramah bagi pemula. Jadi semua loot diberi tanda panah besar, sehingga bisa terlihat oleh kamu, membuka pintu lebih cepat tanpa animasi, looting lebih cepat dengan animasi yang singkat.

Lalu ketika ada baku tembak, selain dibantu secara suara kamu juga dibantu lewat beberapa aspek. Ketika kamu kena tembak, kamu juga diberi bantuan visual untuk tahu darimana arah tembakan. Ketika melakukan bidik dan tembak, jalur peluru kamu juga terlihat. Lalu ada juga indikator visual di crosshair, kalau tembakan kamu mengenai musuh

Lebih mudah kan? Lebih mudah dipelajari bukan berarti mudah juga untuk dikuasai. Intinya sih bagi kamu pendatang baru dunia game battle royale, semua bantuan visual tersebut akan tentu akan terasa sangat menyenangkan dan membuat kamu bisa belajar lebih cepat atau lebih fokus kepada pertarungan.

Dari semua soal gameplay hanya satu kekurangan Ring of Elysium, yaitu ketidakhadiran fitur lean untuk mengintip ketika sedang baku tembak. Tapi lagi-lagi, fitur ini mungkin memang sengaja dihilangkan supaya RoE jadi lebih ramah bagi para pendatang baru dunia game battle royale.

Gameplay Casual Dengan Kualitas Suara yang Realistis!

Selain grafis dan gameplay, soal efek suara sepertinya jadi elemen lain yang penting untuk dibahas dalam game battle royale. Sebab jika digarap dengan tidak baik, dan efek suara game battle royale jadi buruk, maka kamu akan kesulitan menemukan arah kedatangan musuh kamu.

Lalu bagaimana efek suara Ring of Elysium? Tim Redaksi DG bisa bilang, keren! Walau pun secara gameplay cenderung casual atau arcade, tapi efek suara di Ring of Elysium nggak kalah realistis. Pembagian suara apapun jadi kiri, kanan, tengah depan, atau belakang disajikan dengan apik.

Jadi ketika ada suara dari kiri, kamu akan dengar suara itu dari headset kiri kamu. Kalau dari kanan, suara datang dari headset kanan. Suara dari tengah depan akan membunyikan suara kedua headset dengan lantang. Suara dari tengah belakang akan membunyikan suara kedua headset tapi sedikit lebih pelan dan agak menggema.

Intinya, di Ring of Elysium kamu tetap bisa menemukan musuh dengan dengan hanya bermodal telinga kamu saja, berkat penyajian sistem suara yang baik oleh sang pengembang.

Kesimpulan

Agak sulit untuk menyimpulkan apakah Ring of Elysium ini bisa dibilang bagus banget atau jelek banget. Mungkin skor 7/10 bisa dibilang jadi skor yang cocok untuk game ini. Tapi pada intinya, untuk kamu yang masih baru ingin coba main game Battle Royale, RoE adalah pilhan yang cocok. Gameplay yang lebih casual ditambah bantuan indikator visual akan membantu kamu adaptasi lebih mudah.

Satu lagi kelebihan game ini adalah GRATIS! Jadi nggak perlu beli, kamu bisa langsung main. Game ini masih dalam fase closed beta, kamu bisa registrasi Poker Online. Lalu kalau soal fase selanjutnya, pihak garena sendiri belum memberi tahu informasi apa pun seputar tanggal open beta.

Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai bahasan game-game mobile atau PC terbaru ya.