free html hit counter

Resep Ayam Goreng Orisinal Kolonel Sanders Terkuak

BeritaBintang – Para penggila ayam goreng Kentucky Fried Chicken (KFC) tentu tidak asing dengan sosok sang ‘chef’ yang berambut putih, berkacamata dan berkumis baplang. Siapa lagi kalau bukan Kolonel Sanders.

Restoran cepat saji KFC dibuka pertama kali di North Corbin, Kentucky, Amerika Serikat, pada 1930. Hingga kini, KFC telah berkembang lebih dari 20 ribu restoran yang tersebar di 123 negara, termasuk Indonesia.

Sekalipun pamor KFC dan Kolonel Sanders begitu masyhur, resep ayam gorengnya tetap misteri. Selama puluhan tahun, agaknya tidak ada restoran lain yang mampu menandingi cita rasa ayam goreng khas KFC.

Pada akhirnya, misteri pun terkuak. Keponakan Kolonel Sanders, Joe Ledington (67 tahun), secara tak sengaja menunjukkan scrapbook berisi catatan tangan resep asli KFC saat diwawancarai The Chicago Tribune, pekan lalu.

Dikutip dari Agen Bola Terbaik, reporter The Chicago Tribune, Jay Jones, awalnya ingin menulis kisah tentang kota asal di mana sang pencipta resep pertama kali membuat masakannya di Corbin, Kentucky, AS untuk kolom travel.

Di sana, ia bertemu Joe. Bibi Joe, Claudia Ledington, tak lain istri ke-dua Sanders. Kepada Jay, Joe menunjukkan scrapbook keluarga peninggalan Claudia yang wafat pada 1996. Isinya, selain memuat wasiat terakhir Claudia, juga terdapat resep berisi 11 bahan yang diduga ditulis Sanders.

“Ini resep asli 11 bahan yang mestinya bersifat rahasia,” ujar Joe kepada Jay, sembari menambahkan bahwa dulu ia kerap mencampurkan semua bahan di ruang dapur di garasi rumahnya.

“Bahan utamanya adalah lada putih,” ujar Joe. “Saya sebut itu resep rahasia, karena pada saat itu belum ada yang tahu apa itu lada putih, dan tidak ada yang tahu bagaimana memasaknya pada 1950-an.”

Saat dikonfirmasi lewat telepon, The Chicago Tribune mengatakan Joe menolak kebenaran berita, dan menegaskan tidak pernah menunjukkan resep tersebut kepada reporter mana pun, juga tidak bisa memastikan keasliannya. Joe pun tidak merespon pesan pendek yang dikirimkan untuk wawancara.

Sudah sejak lama KFC merahasiakan resep aslinya. Juru bicara Yum! Brands, induk perusahaan KFC yang berada di Louisville, AS, pada Rabu lalu (24/8), menyatakan resep yang sempat ditunjukkan Joe tidak lah benar.

“Banyak orang yang mengklaim selama bertahun-tahun dan tak ada satu pun yang akurat, yang ini juga tidak,” demikian disampaikan sang juru bicara.

Di luar persoalan resep yang bocor ini asli atau tidak, siapa mengira, kalau tidak dicoba. Berikut isi resep tulisan tangan tersebut:

11 bahan—yang dicampur 2 cangkir tepung terigu
2/3 sdm garam 
1/2 sdm daun thymus (thyme) 
1/2 sdm basil
1/3 sdm daun oregano 
1 sdm seledri 
1 sdm lada hitam 
1 sdm mustard kering 
4 sdm paprika 
2 sdm bawang putih 
1 sdm jahe yang sudah digiling halus 
3 sdm lada putih 

*sdm: sendok makan