free html hit counter

Reaksi Isyana Sarasvati Dituding Jiplak Lagu Maroon 5

BeritaBintang – Vokalis, pencipta lagu, dan pemain musik Isyana Sarasvati (22) membantah tudingan publik bahwa ia menjiplak “Payphone” dari Maroon 5 ketika mencipta “Tetap dalam Jiwa”. Tapi, ia mengaku mungkin mengalami cryptomnesia.

“Saya sudah buka kembali rekaman ketika workshop lagu itu dibuat, tidak ada satupun yang menyadari atau merasakan adanya ‘kemiripan’ dengan motif lagu ‘Payphone’,” terang Isyana

“Bahkan saya baru sadar ketika ada beberapa kritik, komentar, dan pertanyaan di medsos,” sambungnya.

Namun, ia menyatakan, mungkin saja ia terkontaminasi oleh “Payphone” ketika mencipta “Tetap dalam Hati”.

Dalam istilah psikologi, ketidaksadaran dalam membuat karya yang mirip karya lain yang sudah ada dinamakan cryptomnesia.

“Saya tidak akan menyangkal bahwa pasti dalam proses kreatif pembuatan komposisi lagu tersebut, ternyata tanpa sadar, saya bukan hanya terinspirasi tapi terkontaminasi oleh motif dari lagu ‘Payphone’,” tulisnya.

“Itu pun saya sadari setelah berbagai pertanyaan soal tudingan plagiat tadi muncul di media sosial,” lanjutnya.

“Andaikan saya menyadarinya lebih awal, pasti dengan segera saya akan mengubah motif tersebut,” tekannya.

“Sampai lagu itu dirilis beberapa saat, anehnya saya dan semua yang terlibat tetap tidak menyadari, mungkin ini yang sering disebut sebagai ‘cryptomnesia’ tetapi secara kolektif,” terang Isyana lagi.

“Hal ini memang kerap terjadi, bahkan juga pada sejumlah artis besar kelas dunia, karena proses kreatif senantiasa berangkat dari karya-karya kreatif yang ada sebelumnya, sehingga kemiripan sering tak terelakan,” sambungnya.