free html hit counter

Quick Scope: Teknik Menembak Jitu yang Hanya bisa Diterapkan Dalam Game

BeritaBintangQuick Scope: Teknik Menembak Jitu yang Hanya bisa Diterapkan Dalam Game

Set dor! Set dor! Set dor! Pernah ngerasain gak ditembak sniper rifle tapi dengan kecepatan tembak rasa SMG? Ini nih guys yang namanya Quick Scope!

Quick Scope (QS) merupakan istilah yang sangat populer di kalangan pemain game First Person Shooter (FPS), terutama bagi para pemegang senjata Sniper Rifle. Quick berarti cepat, sedangkan Scope berarti membidik. Artinya pun tak jauh-jauh dari membidik dengan cepat. Apa itu membidik cepat? QS terjadi ketika seorang pemain membidik lawannya dengan menggunakan alat bantu yang ada pada senjata (scope), namun di saat yang hampir bersamaan langsung melepaskan tembakan.

Jika dilakukan dengan baik dan benar, teknik ini seolah membuat pemain mampu melepaskan tembakan akurat tanpa harus mengeker terlebih dahulu. Padahal sebenarnya proses yang terjadi sama saja. Namun teknik Quick Scope seperti memanipulasi proses tersebut. Seperti yang kita semua ketahui, hampir sebagian besar senjata bertipe Sniper Rifle tak dilengkapi dengan fitur crosshair di dalam game. Crosshair hanya tampak saat pemain menggunakan Sniper Rifle dalam mode Scope (Zoom).

Hal tadi jelas merepotkan para pengguna Sniper Rifle terutama saat bertempur dalam jarak dekat. Tetapi semuanya berubah ketika teknik QS mulai banyak diadaptasi oleh sebagian besar pemakai Sniper Rifle. Hanya dengan sedikit latihan dan feeling yang baik, seorang sniper di dalam game akan sulit sekali dibunuh meski tengah berperang dalam jarak dekat! Kejadian ini pada akhirnya memicu kontroversi. Banyak orang yang menganggap bahwa Quick Scope merupakan kesalahan sistem dan dapat dikategorikan sebagai bug.

Well, kalau dibandingkan dengan kehidupan nyata, teknik QS rasanya hampir tidak mungkin untuk diterapkan! Bayangkan saja, senjata yang begitu berat dan daya hentak yang besar dapat dengan leluasa ditembakkan. Sniper Rifle memang senjata mematikan, namun untuk menggunakannya secara efektif dibutuhkan ketenangan dan fokus tingkat tinggi. Belum lagi faktor angin yang juga harus diperhitungkan. Ini tentu berbanding terbalik dengan penerapan QS di dalam game.

[ Baca Juga – Lima Alasan PUBG adalah Game Paling Nggak Ramah Pemula yang Pernah Ada! ]

Setelah sempat melalui proses perundingan yang begitu panjang, teknik Quick Scope akhirnya dinyatakan legal oleh sebagian besar komunitas gamer di dunia. Dalam prakteknya, tak semua pemain dapat mengeksekusi QS dengan sempurna. Penggunaan QS yang asal-asalan justru menjadi bumerang para penggunanya karena hanya menghabis-habiskan stok amunisi saja. Salah satu penyebabnya karena pemakai teknik QS harus mampu membayangkan posisi crosshair meski tak terlihat di layar. Gak heran jika banyak orang yang coba mengakalinya dengan menggunakan spidol atau selotip.

QS sendiri mulai dipopulerkan sejak game online Counter Strike 1.6 merajalela. Senjata AWP yang memiliki daya hancur tinggi (one hit one kill) menjadi saksi biksu dari keganasan teknik Quick Scope! Sebut saja Yegor ‘markeloff’ Markelov, seorang atlit eSports profesional yang sempat ditakuti karena keakuratan dan kegesitannya saat menggunakan AWP dengan teknik Quick Scope. Tak hanya di CS 1.6 saja, sampai saat ini QS masih terus dipakai pada game-game FPS lain seperti Call of Duty, CS:GO, Point Blank, dan lain-lainnya.

Kalian sendiri gimana nih guys? Termasuk pecinta teknik Quick Scope kah atau justru anti dengan teknik ini? Ceritakan pengalaman kalian di bawah ya! Jangan lupa ikuti terus Poker Online untuk info-info menarik lainnya seputar game First Person Shooter!