free html hit counter

Purwakarta, Alternatif Kawasan Wisata di Jawa Barat

BeritaBintang – JARAK tempuh yang tak begitu jauh dari Ibu Kota. Sudah semestinya, Purwakarta dapat menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Sadar bahwa Purwakarta punya potensi pariwisata yang mumpuni. Pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta pun sudah mencanangkan program dimana Purwakarta bakal jadi kawasan wisata di Jawa Barat.

“Purwakarta sendiri nantinya akan dijadikan kawasan pariwisata. Di dalamnya akan terdapat berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Sekarang hampir di tiap daerah punya potensi wisata,” ungkap Dadang Koeswara, Wakil Bupati Purwakarta kepada Judi Online Terperaya di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu 17 September 2016.

Setidaknya, berikut sejumlah destinasi wisata menarik untuk disambangi saat berada di Purwakarta. Simak pemaparan singkatnya seperti disampaikan Wakil Bupati Purwakarta tersebut.

Situ buleud 
Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Purwakarta tanpa menyaksikan atraksi mempesona dari air mancur terbesar se-Asia Tenggara di Taman Sri Baduga (Situ Buleud).
Air mancur tersebut sudah dirancang hingga memiliki ragam variasi gerakan, lekukan lembut, hentakan air, serta dapat mengikuti alunan musik yang dimainkan.
Dilengkapi tata cahaya apik dan sorot lampu warna-warni menghias atraksi air mancur ini jadi lebih menarik. Atraksi ini bisa disaksikan gratis setiap Sabtu malam.

 

Bale Panyawangan Diorama dan dua museum digital lainnya.

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan budaya Sunda, Bale Panyawangan Diorama di Purwakarta bisa jadi pilihan. Letaknya tak jauh dari stasiun Purwakarta.
Museum ini sengaja dibangun untuk mengenalkan ragam budaya dan sejarah Sunda dengan konsep serba digital.

“Museum Diorama ini menceritakan tentang budaya Sunda sejak zaman kerajaan dulu,” ucapnya.

Museum Wayang dan Museum Nusantara jadi pelengkap daya tarik wisata sejarah di Purwakarta. Dua museum tersebut sama-sama punya konsep digital dalam menyuguhkan beragam informasi menarik.

“Di Museum Nusantara itu kita bisa menyaksikan ragam budaya di Tanah Air. Nantinya akan dikembangkan museum dunia. Tentu informasi budaya dari negara-negara yang dapat membantu (menambah-Red) kunjungan wisatawan ke Purwakarta,” pungkasnya.

Wisata alam dan air (waduk)

Purwakarta juga menyimpan pesona wisata alam dan air yang patut dikunjungi. Diantaranya wisata alam Gunung Pancar, waduk Jatiluhur, Situ Wanayasa, Situ Cikumpay dan potensi wisata lain yang masih dalam tahap pengembangan. Banyak terdapat destinasi wisata air (waduk) di Purwakarta. Sehingga bermacam kegiatan air pun bisa dilakukan dan dinikmati.

 

Wisata kuliner (kampung maranggi)

Berawal dari maraknya penjual sate maranggi di kawasan Plered. Pemerintah setempat membuat gagasan menarik dimana area tersebut dibangun sebuah tempat berkumpul para pedagang makanan dan disebut kampung maranggi.

Makanan yang tersaji di area ini tak hanya sate maranggi. Tersedia juga berbagai pilihan menu lezat lain yang bisa dipilih sesuai selera.

“Tempat ini (sentra kuliner maranggi-Red) baru diresmikan satu tahun lalu. Kenapa? banyak wisatawan datang ke Purwakarta mau cari sate maranggi,” ujarnya.

 

Wisata belanja (kerajinan keramik, Plered)

Masih di kawasan Plered. Wisatawan bisa puas belanja aneka kerajinan keramik kualitas ekspor untuk keperluan rumah atau jadi buah tangan. “Di daerah Plered ini satu paket, karena ada kampung maranggi, sentra cinderamata keramik dan waduk Cirata,” tutupnya.