free html hit counter

Berita Bintang – Promosikan Potensi Wisata, Kalteng Gelar Festival Budaya Isen Mulang 2019

Berita BintangPromosikan Potensi Wisata, Kalteng Gelar Festival Budaya Isen Mulang 2019

Daya tarik Kalimantan telah lama menarik perhatian wisatawan mancanegara. Tidak hanya karena pemandangan alamnya yang memukau, kawasan ini juga menyimpan nilai budaya dan etnis yang sangat kental.

Hal tersebut mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk terus mempromosikan potensi wisata mereka. Salah satunya dengan menggelar kembali Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Penyelenggaraan event FBIM 2019 kali ini mengangkat tema “Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah” dan akan menampilkan beragam budaya dari berbagai etnis yang ada di Kalimantan Tengah. FBIM 2019 sendiri akan berlangsung di Kota Palangka Raya pada 18-24 Mei 2019 mendatang.

Dalam kata sambutannya, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan, bahwa FBIM 2019 merupakan momen yang tepat untuk mempromosikan potensi wisata budaya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng yang tahun ini menargetkan 553.000 wisatawan.

FBIM 2019 sendiri merupakan satu-satunya event unggulan Kalteng yang masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia (CoE WI). Sementara jumlah event kabupaten dan kota Provinsi Kalteng sebanyak 167 event berskala nasional dan 3 event berskala internasional.

“Kita menargetkan kunjungan 25.000 wisatawan nusantara (wisnus) dan 500 wisatawan mancanegara (wisman),” kata Kadispar Provinsi Kalteng Guntur Talajan, dalam jumpa pers Festival Budaya Isen Mulang di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Senin (19/3/2019).

Festival Budaya

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Alasan Sheila On 7 Kerap Gunakan Theme Song Game PUBG Saat Show ” ]

Lebih lanjut Guntur menjelaskan, ada berbagai pertunjukan seni dan budaya yang dapat dinikmati para wisatawan pada perhelatan FBIM 2019. Mulai dsri Kontes Kecantikan Wisata Kalteng, Kahayan Boat Festival yang menampilkan rally sampan atau perahu, lalu ada acara Jukung Hias, Besei Kambe, Balap Klotok, Perahu Kuliner, Lomba Kesenian, dan masih banyak lagi.

Seluruh rangkain acara akan belangsung di Palangka Raya pada Juni 2019, sedangkan pada September dan Oktober 2019 akan berlangsung event ‘Tiwah’ atau upacara ritual kematian tingkat akhir bagi Suku Dayak di Kalteng.

konferensi pers

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, S. Hut, M.P, mengungkapkan bahwa juga memiliki daya tarik lain di mata dunia internasional. Selain dinobatkan sebagai salah satu jantung dunia, wacana Palangka Raya yang diproyeksikan akan menggantikan Jakarta sebagai ibukota Indonesia ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan.

“Kami berharap, event ini menjadi salah satu cara untuk menggerakkan perekonomian di daerah. Kami harapkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kalteng juga semakin meningkat,” tegas Fahrizal Fitri.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan FBIM 2019 sebagai event yang masuk dalam 100 CoE WI 2019 dan menjadi salah satu event ungulan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng dilansir dari Judi Online.

“Atraksi masuk dalam unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilias) menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata. Selain itu komitmen para pimpinan daerah (CEO Commitment) dalam memajukan pariwisata menjadi kunci berhasilan,” tutup Menpar Arief Yahya.