free html hit counter

Berita Bintang – Promosikan Potensi Wisata, Bangka Belitung Gelar Festival Tanjung Kelayang 2018

Berita BintangPromosikan Potensi Wisata, Bangka Belitung Gelar Festival Tanjung Kelayang 2018

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung terus melakukan berbagai upaya demi memajukan sektor pariwisata di wilayahnya. Setelah sukses menggelar berbagai festival berskala internasional, di penghujung tahun 2018 Pemprov Babel akan menyelenggarakan Festival Tanjung Kelayang (FTK) yang akan berlangsung pada 15-19 November mendatang.

Menurut pernyataan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Johan, penyelenggaraan FTK 2018 merupakan puncak dari kegiatan pariwisata Belitung yang telah berlangsung sepanjang tahun 2018.

“Kami akan tampilkan yang terbaik karena Tanjung Kelayang sendiri bisa dibilang merupakan ikon wisata Babel. Dengan kata lain, festival ini juga berfungsi sebagai branding Belitung sebagai daerah destinasi wisata,” tutur Erzaldi Rosman Johan kepada Judi Bola dalam acara Launching Festival Tanjung Kelayang 2018, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Selain sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Belitung yang dikenal sebagai destinasi ‘Laskar Pelangi’, penyelenggaraan FTK 2018 juga dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Belitung.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Maroon 5 Tak Bergeming Di Puncak Chart Musik Barat ” ]

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata, total kunjungan wisatawan yang menyambangi Provinsi Belitung pada tahun 2017 lalu menyentuh angka 379.274 orang. Angka tersebut terdiri atas 9.358 wisatawan mancanegara dan 396.916 wisatawan nusantara.

“Tahun ini targetnya 500 ribu wisatawan. Kita sangat percaya diri karena akses menuju Babel sudah semakin baik dan pilihannya pun sudah cukup banyak. Bila sebelumnya Bandara H.A.S Hanandjoeddin hanya didarati oleh charter flight dari Malaysia dan Singapura. Pekan lalu, Garuda Indonesia telah terbang secara reguler (direct flight) 4 kali seminggu dari Singapura-Tanjung Pandan,” ujar Erzaldi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas peluncuran FTK 2018 dalam rangka mempromosikan Belitung sebagai destinasi wisata kelas dunia, terutama pada sektor wisata bahari yang menjadi daya tarik utama.

“Penyelenggaraan Festival Tanjung Kelayang ini sebagai upaya memperkuat unsur 3 A (atraksi, amenitas, dan aksesbilitas), khususnya agar atraksi budaya, alam, dan buatan manusia sebagai bagian penting dalam mengembangkan destinasi Tanjung Kelayang,” kata Ukus Kuswara.

“Sesuai dengan perkataan Bapak Menpar Arief Yahya, Belitung itu Maldives-nya Indonesia. Potensinya begitu besar untuk dikembangkan,” timpalnya.

Lalu, apa saja daya tarik Festival Tanjung Kelayang 2018?

FTK 2018 akan dimeriahkan dengan berbagai acara antara lain, Parade Pelangi Budaya, Fashion Show Batik Daerah, Fun Run On The Beach, Bersih Pantai, Lomba Lari 10K, Lomba Vlog Pariwisata, Lomba Lukis, Pagelaran Kesenian, Lomba Layang-Layang, Seminar Geopark, Festival Kuliner, Festival Obor, Kolaborasi Musik Tradisional & Modern, dan masih banyak lagi.

“Sebagian besar acara akan diselenggarakan di pinggir pantai. Tujuannya untuk menunjukkan kepada wisatawan begitu panjangnya garis pantai Belitung, sehingga saat parade berlangsung pemandagannya akan jauh lebih eksotis,” tutup Hermanto, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung.