free html hit counter

Pria AS Curi Otak Manusia untuk Dijual di Internet

BeritaBintang –  Seorang pria asal Indiana, Amerika Serikat (AS), mengaku bersalah atas pembobolan di sebuah museum kedokteran dan pencurian otak manusia yang disimpan di sana. Otak hasil curian tersebut kemudian dijual melalui situs lelang online eBay.

Sebagaimana dilaporkan Guardian, Kamis (26/11/2015), pria bernama David Charles tersebut dijatuhi hukuman satu tahun tahanan rumah dan dua tahun masa percobaan oleh Hakim Amy Barbar dari Pengadilan Marion County atas enam tuduhan, termasuk pencurian.

Pria 23 tahun itu beberapa kali masuk ke Museum Sejarah Medis Indiana untuk mencuri toples-toples berisi otak dan jaringan manusia lainnya, dan menjualnya ke eBay. Lokasi tersebut dahulu adalah sebuah rumah sakit jiwa yang didirikan pada 1848, dan saat ini dijadikan museum yang menampilkan spesimen medis yang diawetkan seperti otak dan jaringan.

Charles akhirnya dicokok polisi setelah seorang pria yang membeli enam toples otak yang dijualnya seharga USD600 atau sekira Rp8,2 juta melaporkannya kepada polisi. Penyelidik kemudian mengidentifikasi Charles sebagai pelaku berdasarkan sebuah kertas dengan sidik jari berlumuran darah yang dia tinggalkan di lokasi.

Selama menjalani hukuman, dia diwajibkan menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas, atau setidaknya memperoleh sertifikat pendidikan umum. Dia juga diperintahkan oleh pengadilan untuk menjauhi museum medis yang telah disatroninya.