free html hit counter

Presiden Trump Janji Dukung NATO

BeritaBintangPresiden Trump Janji Dukung NATO

Meski berulang kali melontarkan kritik terhadap Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjanji akan memberikan dukungan kuat untuk aliansi tersebut.

Trump menunjukkan sikap yang berubah-ubah terhadap NATO selama masa kampanye dan setelah menjabat sebagai presiden. Dia sempat menyebut organisasi tersebut “kuno” dan tidak bisa menghadapi ancaman modern.

Namun pada Senin waktu setempat (6/2), Trump mengindikasikan dirinya akan mempertahankan dukungan AS untuk blok tersebut meski tetap menekankan negara lain agar berkontribusi lebih besar secara finansial.

“Kami sangat mendukung NATO,” kata Trump di Pusat Komando Florida. “Kami hanya meminta semua anggota negara NATO memberikan kontribusi finansial yang penuh dan pantas untuk aliansi.”

Dia meyakini selama ini hal tersebut tidak dilakukan oleh kebanyakan negara lain. “Kebanyakan dari mereka bahkan tidak melakukan itu, dan mereka harus melakukannya.”

Baca Juga: “ Jadwal Lengkap Konser John Legend yang Bertajuk Darkness and Light

NATO ingin negara-negara anggotanya berkomitmen mengeluarkan 2 persen produk domestik brutonya untuk pertahanan. Hanya lima dari 28 negara anggota yang telah memenuhi tujuan tersebut.

Trump telah lama mengkritisi hal ini, menyebut AS mensubsidi negara-negara lain dalam hal pertahanan lewat kontribusinya untuk NATO. Namun, sejak menjabat, dia menghindari retorika keras seperti itu.

Dua hari yang lalu, Trump berbicara lewat telepon dengan Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg. Menurut Gedung Putih, sang Presiden mendiskusikan dukungan kuat AS untuk organisasi dan membahas bagaimana caranya negara-negara lain bisa berkontribusi maksimal.

Trump juga sepakat menemui para pemimpin NATO di Eropa, Mei nanti.

Tak hanya sang Presiden, Menteri Pertahanan James Mattis juga telah menyatakan hal baik soal aliansi tersebut.