free html hit counter

Prancis Larang Wifi Gratis Pasca-Teror Paris

BeritaBintang –   Pemerintah Prancis berencana akan melarang penggunaan koneksi internet nirkabel atau wifi gratis dan penjelajahan melalui situs peramban Tor selama status darurat diberlakukan pasca-teror Paris. Dokumen rencana tersebut dibocorkan oleh harian Le Monde.

Sebagaimana diberitakan Bioskop168 , Selasa (8/12/2015), Prancis akan melarang penggunaan wifi gratis untuk publik. Namun, tidak demikian halnya dengan wifi yang dimiliki oleh perorangan. Dalam dokumen tersebut diketahui polisi mengungkapkan bahwa wifi gratis dapat digunakan oleh siapa saja tanpa bisa dilacak oleh pihak lain.

Rencana tersebut juga akan berlaku bagi situs peramban atau browser Tor. Melalui situs tersebut, pengguna internet dapat berselancar tanpa dapat dilacak IP address dari komputer pengguna oleh pihak lain. Peramban tersebut lazim digunakan teroris dan penjahat dunia maya untuk beraksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Situs tersebut juga berguna bagi para jurnalis, whistleblower, dan kelompok lain yang tidak ingin aktivitas berselancarnya di internet diketahui pihak lain. Pemerintah Amerika Serikat (AS) diketahui turut campur dalam pengembangan situs peramban Tor.