free html hit counter

Posisi Indonesia Terbaik untuk Gerhana Matahari Total

BeritaBintang –   INDONESIA terletak tepat di garis khatulistiwa, hal ini membuat Indonesia menjadi spot terbaik menikmati keindahan gerhana matahari di dunia.

Seperti dikutip BintangBoLa, Rabu (02/3/2016) gerhana matahari ternyata hanya melewati bagian bumi yang sulit dijangkau oleh tata surya dan Indonesia salah satunya.

Ini dimulai dari Samudra Hindia–Pasifik dan berakhir pada laut timur Hawaaii. Dan semua itu melewati bagian tengah dari negara Indonesia yang meliputi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Oleh sebab itu, banyak ilmuan yang memperkirakan bahwa Indonesia merupakan spot yang paling tepat dan terbaik dalam menikmati gerhana matahari ini.

Sejak jauh-jauh hari, banyak dari pecinta atau pemburu gerhana sudah menyiapkan persiapan penting guna menikmati gerhana matahari di Indonesia. Persiapan tersebut yaitu berbagai alat canggih seperti teropong, kaca mata dan teleskop.

Sampai saat ini, tempat yang paling banyak diminati ialah Ternate dan Palu. Kota ini dianggap sebagai titik pusat dari gerhana matahari dimana dengan jelas wisatawan dapat merasakan langsung efek kegelapan yang ditimbulkan dari fenomena langka ini.

Dalam peta Gerhana matahari, Indonesia juga memiliki sebuah garis Interpolasi khusus. Garis ini menunujukan diameter bulan yang akan menutupi matahari pada saat gerhana tiba.

Cuaca cerah akan menjadi faktor pendukung dalam fenomena ini. Dengan cuaca yang cerah wisatawan dapat sepenuhnya menikmati gerhana matahari.

Sementara itu, gerhana tak hanya terjadi di Indonesia. Ada beberapa negara yang nentinya akan terkena dampak langsung dari fenomena ini. Namun bukan gerhana matahari total, tapi gerhana parsial.

Gerhana matahari parsial akan terjadi di beberapa wilayah di-sekitaran Asia Tenggara yaitu meliputi Tiongkok, Jepang, Filipina. Dimana nantinya 47% bagian matahari akan tertutup oleh bulan.