free html hit counter

PM Malaysia: Korea Utara Bunuh Kim Jong-nam

BeritaBintangPM Malaysia: Korea Utara Bunuh Kim Jong-nam

Untuk pertama kalinya, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak secara langsung menuding Korea Utara membunuh Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un.

Tudingan ini dilontarkan di tengah hubungan kedua negara yang memanas akibat kasus pembunuhan saudara pemimpin Korut itu.

“Apa yang kita hadapi sekarang adalah hasil dari aksi mereka membunuh warga sendiri di Malaysia, di tanah Malaysia, menggunakan senjata kimia terlarang,” kata Najib kepada kantor berita pemerintah.

Seorang pejabat bidang media dari kantor Najib ketika dikonfirmasi membenarkan komentar tersebut. Korea Utara selama ini terus menampik keterlibatan di balik kasus pembunuhan ini.
Kim tewas pada 13 Februari lalu, sekitar 20 menit setelah dua perempuan menyeka wajahnya dengan racun syaraf VX yang sangat berbahaya dan dikategorikan oleh PBB sebagai senjata penghancur massal.
Proses penyidikan yang berjalan terkait kasus ini telah menggerus habis-habisan hubungan diplomatis kedua negara.
Masalah terkini terjadi pada Selasa, ketika Korea Utara melarang warga Malaysia yang ada di wilayahnya untuk pergi ke luar negeri. Kuala lumpur langsung merespons dengan balasan setimpal.
Sebelum insiden saling sandera warga negara ini terjadi, baru badan intelijen Korea Selatan yang menuding Korut berada di balik pembunuhan Kim Jong-nam. Menurut mereka, para pelaku bergerak di bawah perintah Kim Jong-un sendiri.
Komentar Najib ini bisa memperumit upaya untuk menyelamatkan 11 warga Malaysia yang tertahan di Korea Utara, empat staff kedutaan, keluarganya, dan dua pegawai PBB. Menurut Malaysia, mereka bisa beraktivitas dengan bebas tapi tidak boleh pergi.