free html hit counter

Pilot Turki: Ubah Arah Terbang ke Selatan, Segera

BeritaBintang – Lantaran dituduh tidak memperingatkan pilot bahwa pesawat tempur Rusia telah memasuki wilayah udaranya, Turki akhirnya merilis rekaman audio yang dapat membuktikannya.

rekaman audio yang dikatakan cukup dramatis itu merekam saat-saat pilot angkatan udara Turki memperingatkan pilot pesawat tempur Rusia.

Pesawat tempur itulah yang nantinya jatuh ditembak oleh pihak Turki, lantaran dianggap telah melanggar batas wilayah udara Turki.

Dalam rekaman tersebut, dikatakan terdengar pilot Turki memberitahu pilot Rusia untuk mengubah arah terbangnya segera.

“Ini Angkatan Udara Turki. Anda mendekati wilayah udara Turki. Ubah arah terbang ke selatan, segera,” demikian kata-kata yang terdengar dari rekaman audio tersebut.

Beberapa detik kemudian, pesawat tempur Sukhoi milik Rusia itu ditembak jatuh oleh pesawat AU Turki, yang kemudian menimbulkan perselisihan di antara kedua negara tersebut.

Sebelumnya, otoritas Turki sudah mengatakan bahwa pihaknya telah memperingatkan pilot Rusia saat pesawat tempur itu mendekati wilayah udara Turki.

Namun, seorang navigator pesawat tersebut yang selamat dari insiden itu, Konstantin Murakhtin, mengatakan bahwa tidak ada peringatan atau kontak sama sekali dari dan dengan Turki.

Selain itu, ia juga menyangkal bahwa pesawat itu sempat memasuki wilayah udara Turki, mengatakan pernyataan dari Turki tak sesuai dengan apa yang terlihat pada peta.