free html hit counter

Petani Temukan Dinosaurus Bersayap di China

BeritaBintang – Seorang petani menemukan sebuah fosil dinosaurus yang aneh di China. Dinosaurus itu memiliki sayap seperti seekor kelelawar.

Binatang aneh itu ditemukan oleh seorang petani lokal di Mutoudeng, di Qinglong County, Provinsi Hebei di China. Seorang Palaeontolog di China mengatakan fosil itu kemungkinan milik seekor dinosaurus kecil. Binatang itu diperkirakan hidup 160 juta tahun yang lalu.

Bentuk binatang itu sangat aneh. Tubuh binatang yang dinamakan Yi qi dikelilingi bulu yang pendek dan jarinya panjang membentang. Pergelangan tangan Yi qi tertutup membrane seperti sayap kelelawar.

Para ilmuwan memberikan dinosaurus itu nama Yi qi karena memiliki arti ‘sayap aneh’. Penemuan ini telah memberikan wawasan baru bagaimana vertebrata pertama mulai bisa terbang.

“Ini merupakan sesuatu yang berarti untuk saya. Ini adalah sebuah penemuan yang tidak diharapkan yang pernah saya lakukan,” kata Profesor Xing Xu, salah satu palaeontolog dari Akademi China di Beijing, seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (30/4/2015)

“Burung adalah keturunan dari dinosaurus, tapi bagaimana tepatnya transisi terjadi tidak benar-benar jelas. Penemuan baru ini adalah spesies baru. Dinosaurus ini benar-benar berbeda. Binatang itu memiliki sayap yang sama sekali berbeda dari semua burung lain dan kerabat dekat mereka,” sambungnya.