free html hit counter

Pertama Kalinya, Ilmuwan Ciptakan Otak Manusia di Laboratorium

BeritaBintang – Untuk pertama kalinya, otak manusia berhasil dikembangkan sendiri oleh ilmuwan di laboratorium, dan yang mewujudkannya adalah para peneliti dari Ohio State University.

Bahkan, otak tersebut diyakini model otak paling lengkap yang pernah diciptakan di dalam laboratorium.

Menurut Metro, otak tersebut dikembangkan menggunakan sel kulit orang dewasa, yang bentuknya menyerupai janin. Pembentukannya memakan waktu 12 minggu.

Ini merupakan hasil percobaan yang sudah dilakukan kesekian kalinya. Sebelumnya hasil pengembangannya selalu berakhir tak sempurna dan hanya menghasilkan beberapa bagian organ saja.

“Kami telah mengembangkan keseluruhan otak ini dari masa awal pembentukannya,” kata seorang profesor dari Ohio State University, Rene Anand, Selasa (18/8/2015).

Meski yang dikembangkan itu adalah sebuah otak, menurut Rene, otak tersebut tak difungsikan untuk berpikir.

Otak hasil kembangan itu nantinya akan digunakan para ahli untuk melakukan uji obat-obatan, khususnya obat-obatan yang dikonsumsi penderita Alzheimer, Parkinson, dan autisme.

“Kami nantinya akan bisa membuat prediksi yang lebih tepat untuk menentukan efisiensi dan kemungkinan efek samping dari sebuah terapi, sebelum mempraktekkannya,” tutur Rene lagi.