free html hit counter

Perhiasan Kuno Ribuan Tahun Dilelang di Inggris

BeritaBintang – Ada gelang, cincin, liontin dan anting dengan kisaran harga di atas Rp30 juta.

Elizabeth Jane Howard, novelis yang dikenal lewat buku Perang Dunia II, The Chronicles Cazalet, telah menjadi kolektor perhiasan kuno dari beberapa negara bersejarah, seperti Yunani, Mesir dari Romawi.

Kecintaan Novelis yang telah berpulang pada 2014 di usianya yang ke 90 tahun ini, terhadap perhiasan kuno terlihat dari salah satu koleksinya yang berusia 3500 tahun.

Howard memang sangat memuja perhiasan bersejarah. Secara rutin, ia selalu mengabadikan koleksinya tersebut lewat sebuah gambar.

Kini, seluruh koleksinya dilelang, dengan harapan, harganya bisa mencapai 20ribu poundsterling atau setara Rp383 juta.

Madeliene Perridge, Kepala barang antik di Bonhams mengatakan bahwa Elizabeth Jane Howard tidak seperti kolektor pada umumnya, yang memilih untuk menampilkan koleksi. Pandangan Howard, perhiasan seharusnya untuk digunakan.

“Ia memiliki minat yang besar untuk mengenakan perhiasan bersejarah yang telah digunakan banyak perempuan ribuan taun lalu,” katanya.

Ada 9 bagian yang akan dilelang di rumah lelang Bonhams, London. Termasuk cincin, gelang, liontin dan anting. Yang paling mencolok, yakni gelang emas Romawi yang terbuat dari tiga kabel emas yang gulung menjadi desain spiral. Gelang ini ditawar dengan harga 5.000 poundsterling atau setara dengan Rp95 juta.

Selain itu, sepasang anting-anting emas Helenistik yang diperkirakan berusia 2400 tahun, diharapkan bisa dijual 2.000 poundsterling atau setara dengan Rp38 juta.

Ada pula liontin emas yang menggambarkan Aphrodite dan Eros, dewa-dewi cinta Yunani yang dikenakan di atas bahu kanannya.

Perhiasan paling tua adalah sepasang cincin Mesir berambut emas yang telah tanggal ke suatu tempat, pada 1550-1295 SM.

Howard lahir pada 1923, memulai karirnya sebagai seorang aktris dan model. Namun meraih ketenaran pada 1950 ketika debutnya, The Beautiful Visit, memenangkan John Llewellyn Rhys Prize.

Novel berikutnya termasuk Three Miles Up and Other Strange Stories, Something in Disguise and Getting it Right, meskipun yang terkenal adalah the Cazalet Chronicles.