free html hit counter

Perempuan India Tolak Perjodohan karena Toilet

BeritaBintang –   Sungguh malang nasib seorang pria di Lucknow, India, ini. Gara-gara di rumahnya tidak ada toilet, sang tunangan membatalkan rencana pernikahan. Peristiwa itu terjadi hanya satu hari menjelang momen bahagia tersebut.

Perempuan berusia 25 tahun itu setuju menikahi sang pria melalui sebuah perjodohan yang diadakan organisasi non-pemerintah (NGO) setempat. Namun, perempuan yang tidak diketahui namanya tersebut mengajukan syarat toilet harus sudah dibangun di rumah sang pria tepat di hari pernikahan.

Namun, seperti dimuat Bandar Bola , Rabu (20/4/2016), pria yang juga tidak diketahui namanya itu gagal memenuhi persyaratan. Akad dan resepsi pernikahan yang sedianya dilakukan pada Minggu 19 April 2016 dibatalkan.

Keluarga sang perempuan mendukung keputusan tersebut. Mereka menyatakan telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian setempat. Namun, polisi mengungkapkan belum menerima adanya laporan dari keluarga mempelai perempuan.

Pihak NGO yang mengetahui alasan penolakan sang perempuan langsung menawarkannya ke laki-laki lain yang di dalamnya rumahnya telah tersedia toilet. Kali ini sang perempuan segera mengangguk setuju dengan perjodohan tersebut.

Pada 2014, harian The Economist melaporkan sebanyak 130 juta rumah di India tidak memiliki toilet. Dari sekira 1 miliar penduduk dunia yang tidak memiliki akses sanitasi bersih, sekira 600 juta di antaranya ada di India.

Menurut data kampanye Right to Pee pada 2011 dengan sampel Kota Mumbai, tercatat ada 10 ribu toilet gratis. Namun, hanya 37 persen di antaranya disediakan untuk perempuan.

Toilet umum di India sangat ramah bagi laki-laki, tetapi tidak untuk perempuan. Kaum hawa diwajibkan membayar karena diyakini lebih membutuhkan air bersih di toilet daripada laki-laki.