free html hit counter

Penyelamatan Penalti Ganda Heurelho Gomes

BeritaBintang – Heurelho Gomes mungkin tak masuk jajaran kiper elit Premier League. Tapi malam tadi dia mencatat sejarah setelah membuat penyelamatan penalti ganda, yang kedua sepanjang kariernya.

Watford meraih kemenangan 1-0 saat berhadapan dengan West Bromwich Albion, Sabtu (16/4/2016) malam tadi. Ben Watson menjadi bintang dalam laga tersebut dengan gol tunggal yang dia lesakkan.

Tapi cerita kepahlawanan dalam laga tersebut muncul dari Heurelho Gomes. Di babak kedua dia dua kali menghalau eksekusi penalti yang dilepaskan Saido Berahino.

Penyelamatan penalti pertamanya datang di menit 68. Gomes membaca dengan baik eksekusi penalti Berahino yang diarahkan ke sisi kanannya.

Tiga menit sebelum pertandingan tuntas Gomes kembali harus berhadapan dengan Berahino dalam momen penalti. Kali ini Berahino melepaskan tendangan dengan lebih baik, mengarahkannya ke sudut kiri kiper. Namun Gomes kembali membaca arah tendangan tersebut, sambil menjatuhkan diri dia menepis bola dengan satu tangannya.

“Saya merasa biasa saja. Kami melatih hal itu (menghalau penalti). Saya selalu menunggu eksekutor penalti untuk menendangnya, saya menunggu dia membuat keputusan,” sahut Gomes di akun Twitter Premier League.

Ini bukan kali pertama Gomes membuat dua penyelamatan penalti dalam satu pertandingan. Di tahun 2010 dia juga membuat dua penyelamatan penalti saat masih memperkuat Tottenham Hotspur. Hanya saja ketika itu Tottenham kalah 1-3 dari Sunderland.

Opta mencatat kalau Gomes menjadi kiper pertama yang membuat dua penyelamatan ganda dalam satu pertandingan. Faktanya, kiper asal Brasil berusia 35 tahun itu merupakan salah satu penghalau penalti terbaik di Premier League.

Dari kiper yang paling tidak sudah menghadapi 20 penalti di Premier League, Gomes adalah kiper dengan persentase penyelamatan terbaik kedua (29%). Dia cuma kalah dari David Seaman (32%).