free html hit counter

Pengamat: Proxy ISIS di Indonesia Harus Ditindak Tegas!

BeritaBintang – Pengamat Intelijen, Susaningtyas Kertopati atau Nuning mengatakan, pemerintah harus ormas-ormas yang jadi proxy kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia.

“Segala hal yang anti-Pancasila layak ditindak tegas,” kata Nuning saat dihubungi Agen Bola di Jakarta, Minggu (11/12/2016).

Kata dia, tidak menutup kemungkinan kelompok ISIS telah menanamkan benih-benih aliran pemahamannya ke ormas-ormas di Indonesia.

“Kemungkinan itu bisa saja terjadi (infiltrasi ISIS masuk ke Indonesia), terlebih saat ini banyak aliran yang embrionya dapat menerima visi misi ISIS. Residu gerakan Islam radikal lama masih ada di daerah-daerah penyebarannya,” sambungnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada semua elemen baik masyarakat, pemerintah maupun aparat keamanan (TNI, Polri, BIN) harus mewaspadai berbagai aliran radikal yang mirip ideologinya dengan ISIS.

“Deradikalisasi harus didasari dengan pencarian embrio masalah yang menjadi penyebab/pemicu terjadinya teror,” tuturnya.

“Untuk itu, bukan hal yang mustahil UU Antiteror Nomor 15 Tahun 2003 direvisi agar lebih maksimal menjadi payung hukum bagi penanggulangan bahkan pencegahan terorisme dan pelibatan masyarakat,” pungkasnya.