free html hit counter

Pemangkasan suku bunga gagal dongkrak saham Cina

BeritaBintang – Saham-saham Cina terus anjlok meski bank sentral negara itu telah memangkas suku bunga demi meyakinkan para pelaku pasar.

Saat dibuka pada Rabu (26/08) pagi, pasar saham Shanghai menunjukkan penurunan 1% ke 2.934,27.

Situasi itu terjadi meski Bank Sentral Cina memangkas suku bunga sebesar 0,25% poin menjadi 4,6% sehari sebelumnya. Bank Sentral Cina juga memotong rasio syarat cadangan simpanan bank 0,5% poin.

Beijing juga telah memutuskan dana pensiun dapat digunakan untuk berinvestasi di bursa saham.

Rangkaian langkah itu dinilai sebagai upaya Cina untuk menepis kekhawatiran para pelaku pasar yang risau akan perlambatan ekonomi negara tersebut.

Sementara itu, di bursa saham Hong Kong, perdagangan saham sedikit lebih baik ketimbang di Cina daratan. Pada pembukaan pasar Rabu (26/08) pagi, Indeks Hang Seng tak menunjukkan peningkatan atau penurunan berarti pada titik 21.401,73.

Di Jepang, Bursa Nikkei memperlihatkan penguatan sebesar 0,9%. Angka itu merupakan hal yang positif mengingat indeks Tokyo telah anjlok lebih dari 8% pada dua sesi terakhir.

Indikasi positif juga tampak di Korea Selatan. Indeks Kospi naik 1% pada level 1.865,54. Sedangkan di Australia, S&P menunjukkan perdagangan yang datar pada 5.132,60.