free html hit counter

Pelaku Pembobol ATM Diringkus Polisi di Pasar Minggu

BeritaBintang – Jajaran Polda Metro Jaya menangkap seorang pelaku pembobol ATM BCA di Graha Permata Pancoran Blok B No.2, Jalan Raya Pancoran, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (20/9/3025) dini hari.

Pelaku sendiri diketahui sudah 12 kali melakukan tindak kejahatan membobol ATM di beberapa wilayah.

Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Komp‎ol Arsya Khadafi menuturkan bahwa seorang tersangka itu berinisial Bambang Sutrisno (29).

Dia telah melakukan tindak pidana ini selama 12 kali dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun.

“Tersangka telah melakukan perbuatan pidana itu sebanyak 12 kali di lokasi berbeda,” kata Arsya saat dihubungi di Semanggi, Jakarta Selatan, Minggu (20/9/2025).

Dua belas lokasi itu berada di Club House Mediterania, SPBU MSP 3411601 Meruya Ilir, Puri Indah 4, International Batik Center, Pasar Grosir Setono (Solo), Indomart Soetta Waleri, Tematik Hotel, Sudirman Park, Apartemen Sudirman Park 2, Apartemen Sudirman Park 3, ILP Pasar Minggu, SPBU MSP 3112805 Casablanca dan uang yang diambil minimal Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 2.500.000.

“12 lokasi itu sudah dilakukan sejak 26 Juni 2015 sampai dengan 27 Agustus 2‎015,” katanya.

Dia mengatakan bahwa modus operandi dari tersangka adalah menggunakan kartu ATM miliknya yang dimasukkan ke mesin ATM.

Setelah memasukkan PIN dan jumlah nominal uang. Saat uang akan keluar, exit shutter (tempat keluar uang) ditahan atau diganjal.

“Kemudan mesin sudah tidak bunyi exit shutter dicongkel dengan kawat atau obeng dan diangkat ke atas dengan ibu jari. Tangan robot ditekan ke bawah, sehingga uang akan turun keluar,” ucapnya.

Beberapa barang bukti seperti satu buah kartu ATM BCA, satu buah Jaket warna biru, rekaman CCTV, satu buah kawat, dan uang tunai Rp 2,3 juta dan helm merek NHK disita oleh pihak kepolisian.

Saat ini tersangka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mendekam di jeruji besi Mapolda Metro Jaya.