free html hit counter

Obama Dikabarkan Undang Pemimpin ASEAN ke Amerika Serikat

BeritaBintang – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengundang pemimpin ASEAN untuk melakukan pertemuan tingkat tinggi di Sunnylands, sebuah resor di negara bagian California, awal tahun 2016.

Sejauh ini belum ada tanggal pasti kapan pertemuan langka ini akan digelar.

Kantor berita Jepang Kyodo, Kamis (24/12/2015), mengutip salah satu diplomat ASEAN bahwa konferensi ini akan digelar rencananya 15-16 Februari 2016, namun masih menunggu kepastian.

“Presiden Obama sangat gembira untuk menjamu pemimpin ASEAN di Sunnylands awal tahun depan ” ucap Myles Caggins, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS.

Pertemuan multilateral ini diyakini merupakan upaya Amerika Serikat untuk mendekatkan diri ke ASEAN. Juga untuk menyamakan persepsi antara 10 negara anggota dalam rangka menghadapi keagresifan China dalam klaim perebutan wilayah di Laut Cina Selatan.

Selain itu AS juga berharap untuk terus menghangatkan hubungan dengan 4 anggota, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darusalam yang merupakan anggota pakta perdagangan Trans-Pacific Partnership (TPP).

TPP dipandang krusial untuk menghadang pengaruh dan laju China di kawasan Asia Tenggara. Presiden Indonesia Joko Widodo sendiri pernah menyatakan rencana Indonesia untuk bergabung di TPP ketika bertemu Obama bulan Oktober lalu.