free html hit counter

NKOTB Rayakan 25 Tahun ‘Step by Step’

BeritaBintang – Ada yang istimewa di konser New Kids on the Block (NKOTB) pada akhir pekan ini di negara bagian Amerika Serikat. Tak sekadar menghibur fans setia, boy band lawas ini sekaligus merayakan 25 tahun lagu Step by Step yang dirilis pada 5 Juni 1990.

Step by Step merupakan single pertama dari album musik berjudul sama yang dirilis pada 10 Mei 1990. Lagu karya Maurice Starr, yang berjasa memanufaktur NKOTB, ini meraup penjualan besar-besaran, lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia.

Sebelumnya, Step by Step lebih dulu dinyanyikan oleh The Superiors yang juga dimanufaktur oleh Starr, pada 1987. Tapi jauh lebih sukses ketika dibawakan oleh Danny Wood, Donnie Wahlberg, Jordan Knight, Joey McIntyre, dan Jonathan Knight.

Saat diwawancarai laman MTV, beberapa waktu lalu, Donnie dkk bersahut-sahutan mengenang pengalaman semasa remaja saat membuat video musik Step by Step. Ternyata ada satu personel yang “hilang” karena tak bisa melanjutkan syuting.

“Bila diperhatikan, di bagian akhir video musik, hanya ada empat personel yang melakukan koreografi di tangga,” kata Donnie. “Kalau tidak salah itu Jon atau Joey. Dia jatuh gara-gara salah langkah dan terluka, sehingga tidak bisa melanjutkan syuting.”

“Saya bukannya meninggalkan lokasi syuting karena terluka, tapi berantem sama Donnie,” kata Jon blak-blakan, dibarengi suara riuh kawan-kawannya. Mereka pun berusaha mengingat-ingat dan meluruskan cerita yang sebenarnya.

“Saya yang terjatuh dari tangga,” kata Joey. “Saat melakukan koreografi “step four!” saya salah langkah dan jatuh terguling-guling sampai terluka. Saya tidak bisa melanjutkan syuting video musik itu, makanya hanya empat personel yang disorot kamera.”

Sekalipun Joey jatuh, toh Step by Step tetap naik di posisi puncak tangga lagu dunia, bahkan ditabalkan sebagai Best Boy Band Songs…Ever oleh Smash Hits, juga Greatest Boy Band Anthems oleh Majalah Heat.

Step by Step dinyanyikan ulang oleh boy band 2Be3 dan Lyte Funky Ones, namun tak sesukses NKOTB. Pamor NKOTB dulu tak ubahnya One Direction kini yang dielu-elukan remaja dunia. Mereka juga mengalami perpecahan saat di puncak karier, pada 1994.

NKOTB dimanufaktur oleh Starr sebagai penerus boy band era sebelumnya, New Edition. Boy band ini nyaris diberi nama Nynuk, dan untung saja urung. Album perdana NKOTB dirilis pada 1986 dan dirilis ulang tiga tahun kemudian.

Semula NKOTB “hanyalah” band pembuka konser Tiffany. Lambat laun, nama sang penyanyi pun terlibas oleh pamor Jonathan, Jordan, Joey, Donnie dan Danny. Apalagi Step by Step juga jadi single terlaris yang memuncaki Billboard Hot 100.

NKOTB menjadi budaya baru remaja kala itu. Menurut Bioskop168, mereka meraih sukses besar-besaran dengan penjualan 20 juta album ke seluruh dunia. Tapi prestasi NKOTB bukan sebatas penjualan album.

Konser NKOTB yang disponsori Coca Cola juga menangguk keuntungan segunung. Menurut Los Angeles Times, boy band ini semasa jaya berhasil menjual 3.291.987 lembar tiket konser pada 1990, mengalahkan The Rolling Stones 3.253.563 lembar tiket konser.

Tiket konser yang laris manis membuat mereka kaya raya dengan perolehan laba US$133 juta. Dan masih disusul penjualan tiket konser berikut, No More Games–Live! plus penjualan boneka figur yang membuat dompet Jordan dkk makin tebal.

NKOTB mengadakan reuni pada 2008, dan sempat mampir Indonesia untuk menggelar konser bersama Backstreet Boys, pada 2012 di Ancol, Jakarta. “Kami mendekap masa lalu dan nostalgia, namun kami juga membuat musik baru,” kata Joey sebagaimana dikutip Bintangbola.

“Kami tak pernah menanggapi satu sama lain secara serius, tapi kami menggelar konser secara serius. Kami memang penampil hebat, dan kami mencintai pekerjaan kami,” kata Joey. “Tak peduli Anda fans New Kids atau bukan, kami ingin menghibur banyak orang.”