free html hit counter

Nelayan Jepang Tangkap Hiu Langka Bermulut Besar

BeritaBintang –   Hiu bermulut besar yang langka berhasil ditangkap oleh sekelompok nelayan Jepang. Hiu tersebut tersangkut di jaring nelayan di perairan dekat Prefektur Mie, Jepang.

Hiu langka itu disimpan sementara di Pelabuhan Owase, Prefektur Mie. Ikan itu diyakini memiliki berat hingga satu ton atau 1000 kilogram dengan ukuran panjang mencapai 5 meter. Seperti diwartakan Bintangbola, Senin (18/4/2016), hiu langka itu kini dimiliki oleh seorang penjual ikan setempat.

Hiu bermulut besar pertama kali ditemukan pada 1976 di Hawaii, Amerika Serikat (AS) setelah tersangkut di jangkar kapal milik Angkatan Laut Negeri Paman Sam. Spesies langka tersebut dapat ditemui di sekitar perairan Jepang, Taiwan, dan Filipina. Hanya sekira 60 spesies sejenis yang pernah terlihat oleh manusia.

Pemberian nama mulut besar dikarenakan ikan tersebut berenang dengan mulut menganga untuk menangkap plankton dan ikan kecil lainnya sebagai makanan. Mereka biasa berenang di kedalaman 120-160 meter di siang hari. Namun, ketika malam hari, mereka akan naik sekira 12 meter dari habitat aslinya.

Pada 2014, seekor ikan hiu bermulut besar juga ditemukan di Shizuoka, Jepang. Hiu sepanjang 4 meter itu langsung menjadi pusat perhatian warga setempat. Museum Kelautan Shizuoka langsung mengadakan otopsi di depan publik di hadapan sekira 1500 pasang mata.