free html hit counter

Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Berita BintangNegara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Halal global semakin bertumbuh. Penyebabnya adalah wisatawan Muslim yang cenderung memilih hotel, makanan, dan wisata pantai halal.  Terkait hal itu Lembaga rating wisata muslim dunia, Mastercard-CrescentRating kembali merilis hasil Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018. Indonesia berada di peringkat kedua sebagai destinasi wisata halal populer dengan skor 72,8.  Selain Indonesia berikut negara-negara tujuan wisata halal terpopuler di 2018 dilansir oleh Judi Bola.

1. Malaysia  (80,6)*

Berita Bintang

Malaysia menjadi negara tujuan wisata halal paling diminati.Warisan sejarah dan budaya yang tak tertandingi ditambah keahlian Malaysia di bidang perhotelan halal, makin mengukuhkan negeri itu sebagai peringkat pertama di antara negara tujuan wisata halal lainnya.

2. Uni Emirat Arab dan Indonesia (72,8)

Berita Bintang

Sebagai salah satu ekonomi terkuat di Timur Tengah, Uni Emirat Arab (UEA) memiliki infrastruktur pariwisata halal luar biasa. Sedangkan Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam dinilai sebagai salah satu negara yang cocok untuk wisata halal dunia, dimana di negara ini mudah untuk menemukan makanan halal.

3. Turki (69,1)

Berita Bintang

Turki memiliki dua hal penting dan unik dalam industri pariwisata halal. Selain sebagai negara Muslim, negeri Seribu Satu Malam itu juga sebagai pemimpin industri perhotelan global.

[ Baca Juga – ” 5 Destinasi Wisata Terbaik Untuk Wisatawan Muslim ” ]

4.Arab Saudi (68,7)
Negara yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai negara dengan wisata halal terbaik dunia yang benar-benar halal. Hal ini dikarenakan di sanalah kiblat umat Islam berada. Selain Mekkah, ada kota suci lainnya yang bisa dikunjungi, yaitu Madinah. Dua kota ini benar-benar akan memberikan kesan wisata spiritual menakjubkan.

5. Qatar (66,2)

Berita Bintang

Qatar, salah satu negara kaya di dunia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Tak cuma mempunyai pemandangan yang menawan, Qatar juga menawarkan beraneka macam tempat wisata di qatar yang menarik untuk dikunjungi. Di antara obyek wisata yang bisa dikunjungi di Qatar adalah Pulau Buatan Palm Tree, Souq Waqif dan Museum Seni Islam.


6. Bahrain (65,9)

Berita Bintang

Bahrain merupakan sebuah negara di Asia Barat di teluk Persia terletak antara Qatar dan Saudi Arabia.  Bahrain juga sedang mengembangkan pariwisatanya untuk menarik wisatawan untuk datang ke negara ini. Beberapa tempat wisata yang terkenal di negara ini antara lain  Beit Syeikh Isa Bin Ali Al Khalifa, Bahrain National Museum dan Ar Areen Wildlife Park.

7. Oman (65,1)

Berita Bintang

Oman menjadi salah satu negara bagian dari negara Timur Tengah yang kental akan budaya Arabnya. Kesultanan Oman menjadi salah satu tujuan wisata paling menakjubkan di kawasan Timur Tengah.  Berbeda dengan tujuan bersaing dengan atraksi buatan di wilayah tersebut, Oman memiliki keuntungan lain, yaitu lewat wisiata sejarah dengan bangunan megah dengan memesona beserta fitur alam dan budaya Oman yang indah.

8. Maroko (61,7)

Berita Bintang

Maroko merupakan negara dengan 99% populasi penduduk muslim. Berkunjung ke Maroko sangat cocok untuk wisatawan yang beragama Islam. Negara ini terkenal dengan budayanya yang unik, dimana budaya tradisional menyatu dengan budaya modern. Penduduk Maroko juga terkenal sebagai penduduk yang ramah. Selain itu tidak sulit untuk menemukan masjid dan juga makanan halal.

9. Kuwait (60,5)

Berita Bintang

Kuwait disebut-sebut sebagai negara Muslim terkaya di dunia. Kuwait tak kalah maju dengan negara-negara lain di Timur Tengah, seperti Uni Emirat Arab. Gedung-gedung pencakar langit, mal-mal dan suasana perkotaan di sana sangat modern. Grand Mosque, merupakan masjid terbesar di negara ini dan jadi kebanggaan masyarakatnya serta menjadi salah satu tujuan wisata andalan.

*Skor
Nilai dan potensial pasar Muslim di dunia pada 2016-2022 (dalam miliar USD)
2016  2
2022 3,08

Persentase pangsa pasar industri halal di dunia pada 2016 berdasarkan sektor
Keuangan Islam        43%
Makanan                   36%
Fashion                     7%
Media dan hiburan    6%
Travel                       4%
Kosmetik                   2%
Obat-obatan             2%

Perkiraan pendapatan pasar makanan halal di dunia 2016-2020 (dalam miliar USD)
2016        1.245,18
2017        1.335,42
2018        1.434,67
2019        1.560,99
2020        1.714,38

Negara dengan skor indeks pasar makanan halal di dunia pada 2016
Malaysia                    89 (skor)
Uni Emirat Arab         67
Pakistan                    60
Oman                        57
Brunei Darussalam    52
Singapura                  51