free html hit counter

NASA: Asap Kebakaran Hutan Indonesia Bisa Terburuk dalam Sejarah

BeritaBintang – Asap kebakaran hutan Indonesia yang menyelimuti Asia Tenggara dikatakan bisa jadi akan menjadi krisis polusi udara terburuk sepanjang sejarah.

Menurut NASA, dikutip oleh The Straits Times, masalah kabut asap ini sudah hampir separah masalah serupa yang pernah terjadi pada 1997 lalu.

“Kondisi di Singapura dan Sumatera sudah seperburuk tingkat polusi udara dan membuatnya memecah rekor terburuk.

“Jika hasil prakiraan cuaca tetap bertahan di musim kering, ini akan membuat 2015 masuk peringkat terparah dalam rekor,” tambah dia lagi, menambahkan kabut asap pun akan semakin tebal.

Dikutip dari ABC News, Global Fire Emissions Database, yang didukung juga oleh NASA, memperkirakan sekitar 600 juta ton gas rumah kaca telah dihasilkan oleh kebakaran pada tahun ini.makin mendekati (kondisi) pada 1997,” ucap seorang ilmuwan di Goddart Institute for Space Studies NASA, Dr Robert Field.Berbicara pada AFP Jumat (2/10/2015), Robert juga memperingatkan bahwa musim kering yang berkepanjangan ini akan semakin mem

Untuk diketahui, Oktober 1997 lalu, kabut asap akibat kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera menimbulkan bencana kabut asap yang melanda Malaysia, Singapura, Brunei, hingga Thailand.

Krisis kabut asap 2015 ini dikatakan sudah membuat banyak aktivitas dan kesehatan terganggu, sembari berbagai kritik dari negara-negara tetangga terus menghujani Indonesia atas upayanya yang dinilai belum cukup untuk mengatasi masalah ini.