free html hit counter

Muasal Kue Jahe Jadi Kukis Spesial Perayaan Natal

BeritaBintangPOHON Natal dan Santa Claus mungkin menjadi simbol Natal klasik yang paling dikenal di seluruh dunia. Tetapi ternyata, ada tradisi unik lainnya yakni gingerbread house (rumah jahe).

Tradisi tersebut sebetulnya mulai populer pada abad ke-19 setelah Brothers Grimm menerbitkan buku dongeng legendaris “Hansel and Gretel”. “Tradisi membuat gingerbread dimulai di Jerman pada awal 1800-an,” tutur Nicolas Rouzaud, pemenang penghargaan kepala koki pastry dari The Lanesborough, London.

Menurut sejumlah penelitian, gingerbread sebetulnya berasal dari cerita Hansel dan Gretel. Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu kala, sepasang anak kecil yang sedang terlantar di dalam hutan, berhasil menemukan sebuah rumah yang terbuat dari roti dan permen. Setelah buku ini diterbitkan, setiap toko roti di Jerman mulai membuat gingerbread yang mereka sebut dengan lebkuchen.

Muasal Kue Jahe Jadi Kukis Spesial Perayaan Natal

Muasal Kue Jahe Jadi Kukis Spesial Perayaan Natal

Sebelum tradisi tersebut dikenal, seorang biarawan Armenia sebetulnya sudah membawa jahe ke Benua Eropa pada abad ke-17. Tujuannya adalah untuk jamuan keagaaman, di mana rempah-rempah tersebut dijadikan bahan pelengkap menu-menu lezat seperti roti dan pasta.

Barulah ketika penduduk asli Jerman membawa gingerbread ke Amerika, tradisi membuat rumah jahe pun mulai dilakukan oleh setiap keluarga di negara adidaya itu. Apalagi saat menjelang hari raya Natal.

Lalu apa rahasia untuk membangun sebuah istana sempurna yang terbuat dari jahe?

Bersenang-senang, itulah kuncinya,” tutur Alan Larch, salah satu Chef di Pink Sands Club.

Rouzaud juga menyampaikan bahwa bersenang-senang saat membuat gingerbread memang diharuskan, tetapi poin terpenting yang harus diperhatikan adalah memulai dengan dasar yang solid.

“Tantangan tersulit saat membuat hidangan ini adalah pada saat proses pemanggangan. Tipsnya adalah teliti. Setelah ujung-ujung roti berubah menjadi kecoklatan, angkat baki dari oven. Jika Anda menyentuh makanan tersebut di dalam oven, teksturnya memang lembut dan Anda akan berpikiran bahwa tingkat kematangannya belum sesuai. Padahal, hidangan ini akan mengeras setelah diangkat ke luar,” ungkapnya.

Muasal Kue Jahe Jadi Kukis Spesial Perayaan Natal

Muasal Kue Jahe Jadi Kukis Spesial Perayaan Natal

Oleh karenanya, Rouzad merekomendasikan untuk menggunakan adonan dengan tekstur yang keras. Ini akan membantu Anda untuk menciptakan tekstur rumah jahe yang tinggi dan kuat.

“Saat dipanggang, adonan harus bisa mempertahankan teksturnya. Untuk membuat adonan jahe yang keras, Anda bisa menggabungkan mentega krim, gula, telur, lalu campurkan dengan bahan-bahan kering seperti tepung terigu. Berhati-hatilah saat menambahkan sirup, karena ia bisa memengaruhi tekstur adonan,” pungkasnya. Demikian dilansir dari Judi Bola, Minggu (25/12/2016).