free html hit counter

MotoGP 2017 Indonesia Pasti Digelar di Sentul

BeritaBintang  – Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, dipastikan akan menggelar MotoGP seri Indonesia di musim 2017. Deputi IV Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewabroto mengungkapkan, pihaknya akan mengirim surat pada Presiden Joko Widodo terkait hal itu.

“Kalau 2017 saya pikir kita clear. Semoga hari ini Menpora (Imam Nahrawi) sudah menandatangani surat pada Presiden. Mungkin Senin akan kita kirim karena kan Pak Presiden hari Senin posisinya sudah ada di Jerman. Intinya melaporkan MotoGP akan diusulkan dilakukan di Sentul di musim 2017, 2018, dan 2019,” kata Gatot kepada Berita Bintang di kantor Kemenpora, Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Sirkuit Sentul sebetulnya sudah dicanangkan sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP 2017. Namun, dalam perjalanannya proses renovasi sirkuit ini tersendat lantaran Pemerintah tidak mau renovasi menggunakan dana dari Anggaran Pembelanjaan dan Pembangunan Negara (APBN). Pemerintah beralasan, sirkuit Sentul bukanlah sarana milik negara melainkan swasta.

hasil, Pemerintah pun sempat menyediakan opsi untuk menggelar MotoGP di tempat lain. Salah satu daerah yang sempat masuk dalam pertimbangan adalah Palembang, Sumatra Selatan.

Gatot mengungkapkan, dalam surat yang akan dikirim itu, Kemenpora juga melaporkan kesediaan Sentul untuk tidak menggunakan APBN. “Baik untuk renovasi dan commitment fee. Pokoknya tidak boleh ada satu sen pun APBN yang digunakan,” ucap Gatot.

Lebih lanjut, Gatot berharap pihak Sentul, dalam hal ini Tinton Soeprapto selaku pengelola, segera mengeluarkan pernyataan resmi soal kesediaan merenovasi tanpa menggunakan APBN. “Saya sudah punya hitam dan putihnya mereka (Sentul). Tapi, harus diperkuat dengan pernyataan mereka pakai meterai dan itu kalau sudah akan dilaporkan Pak Menteri kepada Presiden,” tuturnya.

“Mudah-mudahan, minggu depan sudah ada pernyataan dari Pak Tinton,” ujar dia mengakhiri.