free html hit counter

Mobil Listrik Tanpa Sopir BMW Hadir pada 2021

BeritaBintang –BMW memfokuskan kerja divisi ‘i’ untuk mengembangkan mobil tanpa sopir atau kendaraan otonom bertenaga listrik. ‘i’ merupakan simbol dari kendaraan ramah lingkungan buatan produsen mobil premium asal Jerman itu. Hasil kerja divisi ini adalah mobil sport hybrid i8 dan mobil listrik i3.

Salah satu kerja dari tim ini adalah menggenjot realisasi mobil listrik yang sudah dilengkapi dengan teknologi otonom. Ini untuk mengejar produsen lain yang agresif mengembangkan produk kendaraan masa depan tersebut. Produsen mobil listrik Tesla Motors sudah memperkenalkan Model 3 yang akan dikirim ke konsumen pada akhir 2017. Porsche dan Audi juga mengembangkan mobil murni listrik yang akan tersedia di showroom pada 2019.

Sementara mobil listrik BMW i3 dianggap gagal memenuhi ekspektasi konsumen mobil listrik global. Hal ini bisa dilihat dari penjualannya yang hanya 25 ribu unit sepanjang 2015. Jauh tertinggal dibandingkan Tesla Model 3 yang dalam kurun hampir dua bulan sejak perkenalannya, mobil sedan ini sudah dipesan sebanyak 370 ribu unit.

Produk baru yang dikembangkan BMW akan ditenagai listrik dan sudah mengaplikasikan teknologi otonom. Mobil ini ditargetkan hadir pada 2021.

Sebelumnya, anggota dewan BMW yang juga bertanggung jawab dalam pengembangan mobil masa depan perusahaan tersebut, Klaus Froehlich, mengungkapkan divisi ‘i’ akan diarahkan untuk mengembangkan teknologi mobil yang bisa melaju sendiri.

“Ini sudah pada tahap puncaknya. Kami menyebutnya i Next Project,” kata dia.

Guna merealisasikan proyek ini, BMW merekrut para ahli mesin dan pakar kecerdasan artifisial. Selain itu, BMW akan menggabungkan teknologi-teknologi yang pernah dikembangkan sebelumnya untuk menunjang mobil otonom, seperti cruise control, emergency braking, lane keeping support, dan automatic parking.