free html hit counter

Mitos yang Buat Warga ‘Alergi’ Gerhana Matahari Total 1983

BeritaBintang –   Berbagai mitos tak lepas dari fenomena alam seperti gerhana matahari total pada Rabu 9 Maret 2016. Bahkan, saat terjadi gerhana matahari total pada 1983 lalu, tak ada warga yang berani keluar rumah karena berbagai mitos hingga cahaya matahari dianggap beracun.

“Menurut cerita orangtua saya, saat itu memang ada informasi dari pemerintah melalui koran maupun televisi, katanya dilarang keluar rumah pada hari itu (terjadi gerhana). Malah ada yang bilang, cahaya matahari beracun,” kata pendiri Himpunan Astronom Amatir Semarang (HAAS), Dewi Putri , Senin (7/3/2016).

Menurutnya, saat itu pengetahuan warga masih sangat terbatas, apalagi belum tersedia teknologi informasi seperti sekarang. Warga dengan mudah menelan informasi yang belum tentu kebenarannya tanpa mencerna terlebih dahulu.

“Makanya saat itu, sehari sebelum terjadi gerhana, toko makanan laris untuk persediaan. Seharian mereka tidak keluar rumah sama sekali. Padahal, gerhananya hanya sekira lima menit. Informasi seperti inilah yang perlu kita sampaikan ke masyarakat,” katanya di depan puluhan mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA Unnes.

Mahasiswa semester VIII itu menambahkan, fenomena alam, seperti gerhana mataharI total nanti selalu menarik perhatian peneliti. Sehingga tak heran, jika peneliti luar negeri berdatangan ke Indonesia untuk melakukan penelitian.

“Nanti ada juga peneliti NASA yang datang ke Balikpapan atau kota lain yang terjadi gerhana matahari total. Itulah sebenarnya alasannya waktu itu. Warga dilarang keluar rumah agar tak mengganggu peneliti luar negeri yang mengamati gerhana,” tandasnya.