free html hit counter

Mitos Berjemur di Bawah Panas Matahari

BeritaBintang –   BANYAK orang menghindari paparan panas dan sinar matahari terlalu lama karena berbagai alasan. Mereka yang takut menjadi hitam lantas menggunakan krim matahari, yang juga direkomendasikan untuk mencegah kanker kulit.

Namun, apa yang orang-orang ketahui dan percaya tentang penggunaan krim matahari dan daya pelindungnya masih sering menjadi mitos, kata Seena Seka, Senior Product Developer di Calypso. Berikut adalah beberapa penjelasannya, seperti dilansir dari BintangBoLa, Sabtu (12/3/2016).

Krim matahari tidak akan membuat kulit gelap

Kulit menghitam memang menjadi pertanda mulainya kerusakan kulit. Namun, yang perlu ditakutkan adalah kulit terbakar yang membuat kulit ruam dan pecah-pecah. Kulit terbakar dapat dihindari dengan menggunakan krim matahari dengan SPF minimal 30.

Kulit Anda akan tetap kecokelatan bila berjemur dengan krim matahari ukuran tersebut, tetapi kulit terbakar bisa dihindari dan Anda akan lebih terlindung dari sinar UVA dan UVB. Perbedaan antara sun block dan sunscreen atau tabir surya juga perlu dicatat, karena sunblock benar-benar bisa mencegah kulit menjadi hitam sekaligus mencegah sinar UV.

Krim matahari tidak perlu dipakai ketika cuaca berawan

Faktanya, awan tidak memberi perlindungan terhadap sinar matahari saat sedang panas. Selalu ingat bahwa Anda tidak perlu berada di bawah sinar matahari langsung untuk terkena sinar UV.

Semua produk dengan SPF sama menawarkan tingkat perlindungan yang sama

Semua produk bervariasi dan SPF suatu produk menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVB, bukan sinar UVA. Jadi produk dengan SPF yang sama tidak menawarkan tingkat perlindungan yang sama.

SPF hanya satu fitur dari krim dan ada hal lain yang perlu diperhitungkan, terutama tingkat perlindungan UVA yang bisa berbeda.

Kita tidak bisa terkena radiasi matahari ketika di air

Berendam di air dingin ketika matahari tengah teriknya tidak menangkal radiasi sinar ultraviolet. Air dapat memantulkan sinar UV dan membuat tubuh kita lebih rentan. Jadi ketika Anda berenang di siang hari, selain menggunakan krim matahari, gunakan juga pakaian nyaman untuk renang yang bisa menutupi tubuh Anda.