free html hit counter

Minions Bisa Bilang ‘Terima Kasih’ di Film

BeritaBintang – Jangan terkejut jika menonton film Minions di bioskop pekan ini. Anda akan menemukan Bob, si Minion imut yang ikut berkeliling bersama Kevin dan Stuart mencari sang master, mengucap “terima kasih” saat diberi mahkota kecil oleh Ratu Inggris. Dalam Trivia IMDb, “terima kasih” disebut sebagai “thank you” dalam bahasa Melayu dan Indonesia.

Sudah bukan rahasia jika ucapan Minion yang sepertinya hanya celotehan-celotehan tak beraturan itu merupakan campuran berbagai bahasa. Ada bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Korea, kebanyakan Perancis, juga Indonesia. Tapi belum pernah bahasa Indonesia diucapkan para Minions sejelas ucapan Bob di Minions.

Bagaimana bisa demikian? Siapa penciptanya?

Jika film itu mampu membuat bahasa Indonesia setidaknya didengar dunia, berterima kasihlah–seperti Bob berterima kasih pada Ratu Inggris–pada sutradara Pierre Coffin. Ia lah pencipta bahasa Minion atau bahasa Banana.

Pierre sudah menjadi pengarah gambar makhluk-makhluk kerdil berkulit kuning itu sejak Despicable Me yang rilis 2010. Itu pertama kali penonton berkenalan dengan Gru, penjahat yang tobat dan menjadi ayah untuk tiga bocah perempuan: Margo, Edith, dan Agnes.

Bukan hanya menjadi sutradara, Pierre juga menyuarakan para Minions di film animasi itu.

Bersama Chris Renaud ia kemudian kembali menggarap Despicable 2. Sekali lagi ia tak hanya mengarahkan, tetapi juga menjadi suara untuk Kevin. Minions mendapat tempat lebih banyak dalam film itu, sehingga Pierre tak bisa lagi membuat semuanya bersuara sama.

Sukses dengan dua filmnya, ia berpikir untuk membuat spin off. Jadilah Minions, yang baru tayang perdana di Indonesia awal pekan ini. Pierre juga masih jadi sutradara dan Kevin. Selain itu, semua 899 Minions ternyata juga disuarakan olehnya, menurut trivia IMDb.

Bahwa Pierre akan berkata “terima kasih”, sudah ia ucapkan saat diwawancara Bioskop168 Indonesia 2013 lalu. Ia mengakui, bahasa Indonesia memang terdengar indah di telinga.

“Bahasa Indonesia menurut saya bahasa yang sangat indah, seperti alunan musik. Ketika saya menyuarakan Minions dalam Despicable Me, saya menggunakan berbagai bahasa, setiap kata-kata lucu saya gunakan dengan cara menarik, mungkin Anda mendengar saya menggunakan kata ‘terima kasih,'” katanya.

Pierre sendiri sebenarnya memang berdarah Indonesia. Ia merupakan putra penulis kondang NH Dini dengan diplomat Perancis, Yves Coffin. Namun, Pierre dilahirkan di Perancis dan tidak terlalu akrab dengan bahasa Indonesia, meski pernah mendengarnya. Ia juga masih punya lidah Indonesia. Makanan favoritnya: nasi goreng.