free html hit counter

Minim Ornamen, Ciri Rumah Modern Minimalis

BeritaBintang – Belakangan ini, tren desain interior dengan gaya minimalis makin diminati. Gaya tersebut jadi pilihan banyak orang lantaran desainnya cenderung sederhana dan tidak rumit.

“Tapi belum tentu orang yang memilih gaya minimalis tersebut tidak memiliki uang,” ujar Wendy Djuhara, salah satu arsitek perempuan terkemuka di Indonesia.

Penggunaan gaya minimalis, katanya, cenderung tidak menggunakan banyak ornamen. Hal itu akan membuat suasana rumah menjadi tenang dan bersih. Begitu pula dengan pemilihan perabotan linkalternatif.info.

Wendy menganjurkan agar pemilik rumah mengutamakan segi fungsional ketimbang ornamen.

“Biasanya, furnitur minimalis itu tidak ada ornamen, misalnya ukiran kayu,” ujarnya. Bentuk yang dipilih pun cenderung bentuk-bentuk geometris, seperti bulat, kotak dan segitiga.

Sedangkan untuk pemilihan warna, tidak ada aturan khusus. “Hanya saja, warna yang biasa digunakan adalah warna-warna monokromatik,” Wendy menambahkan.

“Semua akan kembali lagi pada pemilik rumah,” katanya. “Ada yang memilih warna terang benderang atau gelap. Tapi palet warna yang digunakan biasanya tidak bermacam-macam.”

Mengenai pemilihan material untuk gaya minimalis, Wendy menyarankan, “Tidak ada larangan khusus dalam memilih material yang ingin digunakan.”

Hal yang harus diperhatikan adalah ragam jenis material tersebut. “Misalnya, kalau ingin memilih [kayu] jati, berarti satu jenis itu saja,” Wendy menjelaskan saat dihubungi Agen Bola Terbaik.

Selain itu, ketahanan material juga harus diperhatikan. “Harus dilihat, kayunya ringkih atau tidak. Kalau memilih besi, apakah besinya gampang penyok? Mudah berkarat atau tidak? Tapi kembali lagi kepada cara merawat rumah tersebut.”

Saat ini, katanya, “Langgam [minimalis] ini terkadang disalahgunakan oleh developer. Mereka kurang berhati-hati dalam menggunakan istilah minimalis.”

Kesalahan tersebut disebutkan Wendy biasanya muncul di brosur yang kerap diedarkan kepada publik. “Mereka menyebutnya modern minimalis.”

Meskipun banyak bentuk geometris, Wendy menilai, ornamen yang digunakan tetap ramai. Sehingga, membuat rumah itu tidak sepenuhnya minimalis.

Wendy pun mengingatkan bahwa seluruh elemen di dalam rumah adalah hak dari pemilik rumah.