free html hit counter

Menilik Sirkuit Albert Park, Lintasan Unik Spesialis Seri Pembuka

BeritaBintang –  Menilik Sirkuit Albert Park, Lintasan Unik Spesialis Seri Pembuka

BILA membahas Sirkuit Albert Park yang terletak di Melbourne, Australia, maka terdapat beberapa keunikan yang hadir dari lintasan balap yang satu ini. Pasalnya, pada awalnya, Albert Park merupakan salah satu taman kota yang terdapat di Melbourne.

Kendati demikian seperti dilansir AGEN BOLA, karena luasanya lahan yang dimiliki oleh taman tersebut, pengelola Albert Park akhirnya memanfaatkannya untuk membangun sebuah lintasan balap. Mereka menggunakan bagian jalanan yang mengelilingi Danau Albert Park untuk dijadikan sirkuit.

Hal unik lainnya dari Sirkuit Albert Park adalah pit stop yang digunakan oleh masing-masing tim, terbuka untuk umum. Ya, karena lokasi awalnya yang memang berupa taman, jadi Sirkuit Albert Park dapat dikatakan lebih terbuka ketimbang sirkuit-sirkuit lainnya.

{ Baca Juga : ” Tampil Impresif Bersama Borussia Dortmund, Samuel Umtiti Sebut Barcelona Incar Ousmane Dembele}

Pertama kali Sirkuit Albert Park masuk dalam kalender Formula One (F1) adalah pada 1996. Sejak saat itu, Sirkuit Albert Park pun mendapat keistimewaan, di mana selalu digunakan sebagai seri pembuka untuk gelaran F1.

Sirkuit Albert Park memiliki panjang lintasan 5,303 kilometer dan para pembalap diwajibkan menyelesaikan balapan di sirkuit tersebut dalam 58 putaran, yang berarti memiliki 307,574 kilometer jarak yang harus ditempuh oleh masing-masing pembalap.

Albert Park bukanlah sirkuit yang menuntut pembalap harus melaju dengan kecepatan tinggi. Pasalnya, sirkuit ini memiliki jumlah tikungan yang cukup banyak, yakni 16 tikungan, dengan zona DRS sebanyak dua sektor.

Hingga saat ini rekor lap tercepat masih dipegang oleh pembalap legendaris, Michael Schumacher. Juara dunia F1 sebanyak tujuh kali itu mencatatkan waktu 1 menit 24,125 detik saat mentas pada 2004 ketika masih bergabung bersama Ferrari. Tidak hanya itu, hingga sekarang, Schumacher juga menjadi pembalap yang paling sering menjadi juara di Sirkuit Albert Park, yakni empat kali.