free html hit counter

Menguak Keindahan Kota-kota Dilintasi Gerhana Matahari Total

BeritaBintang –  SEBANYAK 12 provinsi di Indonesia akan dilalui Gerhana Matahari Total (GMT) 2016. Namun, GMT akan terlihat sempurna di 11 kota besar di Indonesia.

Kota mana sajakah itu dan apa yang menjadi daya tarik dari kota-kota tersebut. Sehingga jika travelers berencana untuk menyaksikan GMT di kota tersebut, travelers juga bisa mengunjungi destinasi wisata menarik di sana sebelum maupun setelah momen GMT terjadi.

Berikut BintangBola rangkum daya tarik dari 12 kota besar di Indonesia yang dilintasi GMT.

Luwuk

Di Sulawesi Tengah, travelers dapat menyaksikan GMT yang terjadi 9 Maret mendatang di Luwuk. Letak Luwuk yang berada di antara pantai dan perbukitan ini menawarkan panorama yang indah. Bahkan, daerah di pantai timur Sulawesi ini dikenal memiliki destinasi wisata bahari yang tak kalah indah dengan pantai-pantai di Sulawesi lainnya. Travelers dapat menyambangi Pantai Kilo Limo, Pulau Dua, dan Air Terjun Salodik yang tidak pernah kering.

Ternate

Ternate juga akan dilintasi GMT yang hanya terjadi 33 tahun sekali di Indonesia. Kota yang eksotis ini menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang memukai. Gunung Gamalama yang berdiri gagah menjadi ikon kota ini.

Tak hanya alamnya yang memukau dari ujung ke ujung, Ternate juga kaya akan wisata sejarah. Salah satu yang terkenal adalah Benteng Tolukko yang merupakan peninggalan bangsa Portugis. Selain itu, ada Benteng Kastela, Benteng Kalamata, Benteng Kota Janji, Benteng Kota Naka dan Benteng Takome. Setelah menjelajah kota yang indah ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner seafood dengan rasa yang luar biasa dan hidangan khas Ternate.

Tidore

Tidore adalah kota yang telah terkenal sejak zaman penjajahan. Kekayaan alam kota inilah yang membuat bangsa Portugis dan Belanda memperebutkan Tidore. Oleh karena itu, situs-situs peninggalan sejarah di kota ini sangat banyak. Benteng Tore dan Tahula merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi di Tidore.

Selain itu, travelers dapat mendaki Puncak Kie Matubu yang terkenal sebagai salah satu tempat paling tepat untuk melihat keindahan Tidore. Atau travelers bisa mengunjungi destinasi wisata bahari Pulau Failonga yang memiliki perairan sangat jernih. Melakukan aktivitas snorkeling dan diving di Taman Laut Pulau Maitara juga pantas untuk dicoba selagi di Tidore.