free html hit counter

Berita Bintang – Mengintip Motor Listrik Pintar Hasil Kolaborasi Insinyur Jebolan JLR dan MotoGP

Berita BintangMengintip Motor Listrik Pintar Hasil Kolaborasi Insinyur Jebolan JLR dan MotoGP

Tahun ini, EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori è) kedatangan pemain baru di dunia otomotif roda dua, Arc Vehicle. Perusahaan baru yang dibuat oleh mantan kepala Whitespace department Jaguar-Land Rover, Mark Truman. Meski baru, Arc Vehicle patut diperhitungkan, karena berisikan para profesional dari berbagai bidang seperti insinyur MotoGP dan ahli FEA (Finite Element Analysis).

Melalui EICMA, Arc Vehicle memanfaatkannya menjadi panggung world premiere produk pertamanya, Vector. Sebuah motor listrik sepenuhnya yang mengusung konsep cafe racer. Pengembangan Vector memakan waktu hingga 2 tahun, padahal Arc Vehicle sendiri baru berdiri sekitar 18 bulan lalu.

Jantung pacu yang diusung Vector, dikatakan menjadi evolusi selanjutnya dari motor listrik. Soalnya, Arc Vehicle mengklaim Vector sebagai motor terbersih sekaligus berperforma tinggi. Selain itu, Vector juga memiliki tingkat keamanan terbaik, karena teknologi yang disematkan ke dalamnya.

“Vector lebih dari motor elektrik premium, melainkan motor pertama di dunia yang memiliki multi-sensor Human Machine Interface terintegrasi,” jelas Truman seperti dinukil dari Agen Bola.

Bukan hanya mesin inovatif, motor listrik Vector juga bakal mengusung teknologi multi-sensor HMI terintegrasi. Teknologi ini memungkinkan pengendara mengetahui informasi kendaraan, kondisi lingkungan sekitar, fitur lainnya (penunjuk arah jalan, pembaca rambu lalu lintas dan pemindai rintangan), sekaligus mengatur setingan motor.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” 12 Traveler Dunia Akan Explore Wisata di Kayong Utara Kalbar ” ]

Selanjutnya

Segala informasi ditampilkan dalam head-up display yang berada di helm seperti pada mobil. Dibantu riding gear yang mampu berinteraksi dengan sekitar. Tentunya, hal itu sangat berguna dalam meningkatkan keselamatan dan pengalaman pengendara di jalan.

Sayangnya, sampai saat ini Arc Vehicle belum memberikan bocoran rupa dari motor listrik pertamanya. Vector hanya diperlihatkan dalam sebuah gambar siluet yang menunjukkan karakter sporty nan garang. Konsep cafe racer yang diusung, tampaknya dibawa ke tingkatan lebih tinggi dengan sentuhan modern.

Menariknya, jika dilihat seksama, sepintas siluetnya mengingatkan pada motor listrik konsep, Banatti Green Falcon buatan Meep.Inc. Ya, motor yang terbuat dari bambu itu pernah ramai dibincang, lantaran selain bertenaga listrik, sebagian besar materialnya terbuat dari bambu.

Untuk memaksimalkan pengenalan Vector di EICMA, Arc Vehicle tak cuma memajangnya. Namun juga, menghadirkan perangkat virtual reality untuk memberikan sedikit pengalaman berkendara Vector kepada pengunjung.