free html hit counter

Mengenal Mobil Dinas Presiden Soekarno Buatan Rusia

BeritaBintang –Berkunjung ke booth Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, pengunjung bisa melihat mobil Zil yang pernah digunakan Presiden Soekarno. Berbeda dari mobil kepresiden RI lainnya yang berasa dari Amerika, Zil 111 merupakan dibuat oleh pabrikan Zil dari Rusia.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) PPMKI DKI Jakarta, Cecil Silanu, mengungkapkan mobil ini ssudah menjadi koleksi pribadi seorang kolektor di Indonesia.

“Orang kan banyak tahu mobil Presiden Soekarno itu dari Amerika Serikat, tapi ternyata Presiden pernah pakai mobil Zil buatan Rusia. Mobil ini memang standar kepresidenan pada zamannya,” ujar Cecil ditemui di booth PPMKI, hall C1, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Cecil menambahkan, mobil yang dipajang di IIMS 2016 masih dalam kondisi apa adanya. Karena itu bodinya tak dicat dan terlihat mengelupas di beberapa bagian.

“Sengaja dibiarkan standar dan apa adanya. Mobil ini sekarang belum jalan, tapi suka dibawanya pakai towing. Sengaja dibawa ke sini agar banyak orang lihat,” lanjutnya

Diketahui Zil 111 diproduksi pada 1950-an. Desain bodi sangat mirip mobil Amerika dengan bentuk limousine yang khas. Zill 111 dibekali mesin berkapasitas 6,0 liter V8 Zil-111 yang dipadukan dengan sistem transmisi dua percepatan otomatis.