free html hit counter

Mengapa Nyepi Harinya Sama dengan Gerhana Matahari?

BeritaBintang –   TIDAK ada yang menyangka bahwa di tahun ini, gerhana matahari akan jatuh di hari yang sama dengan Nyepi. Banyak orang yang memperkirakan bahwa ini merupakan suatu yang kebetulan, namun ternyata tidak.

Pada dasarnya, gerhana matahari merupakan fenomena yang sangat langka dan hanya terjadi sekira 300 tahun sekali. Ketika fenomena ini berlangsung, cahaya matahari ke arah bumi akan tertutup dan terhalang oleh bulan.

Sedangkan Nyepi sendiri ialah hari raya umat Hindu. Di mana umat Hindu di Bali akan mengurung diri melaksanakan ibadah tapa brata, yakni empat pantangan yang wajib dilaksanakan sekaligus introspeksi diri selama 24 jam. Maka dari itu, ritual Nyepi ini sendiri sering disebut dengan hari “The Day of Silent”.

Tak seperti Nyepi di tahun sebelumnya, nyepi dan gerhana matahari kali ini jatuh pada hari yang sama, yaitu 9 Maret 2016. Walau bukan gerhana matahari total, gerhana matahari dimungkinkan akan menutupi sebagian cahaya matahari ke arah Pulau Dewata, yaitu sekira 2 menit 45 detik.

Ternyata, hal ini bukanlah suatu yang kebetulan. Melainkan tanda yang menunjukkan bahwasanya seseorang akan masuk dalam babak baru dalam kehidupan.

Oleh sebab itu, di momen gerhana matahari ini umat Hindu tidak hanya berdoa, melainkan akan benar-benar menyucikan diri dari berbagai dosa dan kesalahan yang telah diperlakukan sebelumnya. Demikian sebagaimana dilansir dari BintangBoLa Rabu (9/2/2016).