free html hit counter

Media Turki Bantah Foto Putra Erdogan dengan Pimpinan ISIS

BeritaBintang –  Media Turki, Daily Sabah menuduh media Rusia melakukan manipulasi bukti keterlibatan putra Presiden Recep Tayip Erdogan dengan kelompok militan ISIS.

Dalam sebuah laporannya, Russia Today menampilkan sebuah foto yang menampilkan putra Erdogan, Bilal, dengan beberapa orang berjanggut tebal yang mereka sebut sebagai pimpinan ISIS. Foto itu berasal dari akun Twitter @Dilxazsofi dengan keterangan Putra Recep Tayip Erdogan ‘BILAL ERDOGAN’ dengan saudara-saudara ISIS-nya.

Namun, foto tersebut ternyata merupakan foto Bilal dengan pemilik restoran terkenal di Istanbul, Turki, yang bernama Cigerstan yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan ISIS.

“Foto tersebut menampilkan para pemilik yang berjanggut (sebagaimana banyak Muslim lainnya) beredar di media sosial Turki, namun berubah menjadi guyonan, karena pemiliknya tidak memiliki hubungan dengan ISIS,” demikian laporan dari Daily Sabah, Sabtu (28/11/2015).

Bilal juga membantah kabar itu dan mengatakan bahwa pemilik restoran ingin berfoto dengannya seperti berfoto dengan tamu terkenal lainnya.

Putra Presiden Turki itu dicurigai memiliki hubungan bisnis penjualan minyak mentah ilegal dengan ISIS melalui perusahaan ekspedisi maritimnya BMZ. Moskow bahkan menuduh Pemerintah Turki ikut terlibat dalam bisnis haram tersebut.

Hal ini membuat berang Presiden Erdogan yang menuntut Rusia membuktikan tuduhan tersebut. Dia bahkan menuduh balik Rusia dan ISIS melakukan perdagangan minyak dengan ISIS.

“Turki tidak membeli minyak dari Daesh (sebutan lain ISIS). Bendahara Amerika Serikat (AS) mendokumentasikan Rusia dan ISIS menjual minyak pada rezim Suriah,” tudingnya.