free html hit counter

Berita Bintang – Mazda CX-30, SUV Terbaru Asal Negeri Sakura

Berita BintangMazda CX-30, SUV Terbaru Asal Negeri Sakura

 Mazda memanfaatkan ajang Geneva International Motor Show untuk memperkenalkan SUV terbarunya. Jika sebelumnya mobil tersebut diduga bernama CX-4, rupanya Mazda menyematkan nama CX-30.

Disebut memiliki posisi di antara CX-3 dan CX-5. Mobil ini jadi model baru Mazda yang berbekal mesin Skyactiv-X dan akan dipasarkan global.

Seperti dilansir Agen Judi Bola, dimensi CX-30 menegaskan posisinya berada di antara CX-3 dan CX-5. Berukuran 4.395 x 1.795 x 1.540 mm (PxLxT) dan jarak antar poros roda 2.655 mm. Kalau dibandingkan, CX-3 sedikit lebih kecil, dengan 4.275 x 1.765 x 1.535 mm dan jarak sumbu roda 2.570 mm. Sedang CX-5, 4.550 x 1.840 x 1.675 mm dan 2.700 mm jarak poros roda. Lantas, mengapa tak disebut Mazda CX-4 kalau posisinya seperti itu? Ternyata, CX-4 sudah ada di pasar Cina, dimensinya mirip dengan CX-5.

Mazda CX-30 jadi model kedua yang membawa penyempurnaan bahasa desain Kodo atau disebut Kodo versi 2.0. Kunci dari desain, bermain dengan ruang kosong, lekukan, cahaya dan bayangan. Berarti, desain pada bodi, seolah berubah ketika mobil bergerak atau saat terkena pancaran cahaya ketika bergerak.

Bagian wajah sangat familiar, dengan grille besar berpola seperti anyaman berwarna hitam. Di tengah, logo Mazda seolah mengambang. Mengapit grille ada lampu sipit yang tegas karakternya, terhubung dengan aksen silver sebagai bingkai bawah grille. Di bumper ada lampu LED yang ramping, berfungsi sebagai lampu kabut.

 

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Cheribon Vintage Gallery, Tempat Berburu Barang Antik di Cirebon ” ]

Sekeliling bodi bagian bawah CX-30 diberi aksen hitam, menyambung dengan bumper depan belakang. Bagian kaca samping berbingkai krom bagian bawahnya. Lekukan bodi samping menegaskan bahasa desain Kodo 2.0. Ukuran roda, ada pilihan 16 dan 18 inci tergantung dari varian yang ditawarkan.

Pilar-C di belakang terlihat menyempit, sementara atap belakang tak terlalu landai. Dengan itu, desain buritan sedikit bergaya coupe. Pintu bagasi sudah otomatis dan daya muat bagasi diklaim mencapai 430 liter.

Masuk ke kabin, desain dasbor menyerupai Mazda3 baru. Hanya saja, ada sedikit perbedaan pada bagian atasnya. Kelengkapannya masih khas Mazda, termasuk layar infotainment 8,8 inci mencuat di tengah dasbor. Sistem MZD Connect didukung 8 speaker atau 12 speaker lansiran Bose. Sedang dari fitur safety, CX-30 dibekali 7 kantong udara dan paket Mazda i-Activsense yang terdiri dari Driver Monitoring System, Front Cross Traffic Alert dan Cruising & Traffic Support. Fitur itu juga sama seperti yang dipunya Mazda3 anyar.

Jantung mekanis, dikatakan bakal ada pilihan mesin Skyactiv-X. Pilihan lain ada mesin diesel dan bensin. Untuk bensin, dipadankan dengan sistem mild hybrid 24-volt. Pilihan transmisi juga sama, ada manual dan otomatis 6-speed. Tersedia opsi penggerak empat roda AWD, sedang fitur pemandu kendali G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) hadir sebagai standar.