free html hit counter

Masjid Unik Berbentuk Kapal di Cimahi

BeritaBintang –UMUMNYA masjid dibangun dengan menara dan kubah. Tetapi di Cimahi ada sebuah masjid unik berbentuk kapal.

Masjid unik ini bernama Masjid Al-Baakhirah yang dibangun di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Cimahi, Jawa Barat.

Desain interior masjid ini dibuat menyerupai kapal laut. Bahkan ruang kontrol lampu juga dibuat mirip ruang kemudi.

Masjid Al-Baakhirah berdiri di lahan seluas 220 meter dan dapat menampung 100 jemaah. Kapal ini didesain dan didanai oleh Almarhum Budiyanto, seorang warga Baros yang semasa hidupnya merupakan nahkoda kapal.

Dengan ruang seperti kabin, ornamen masjid dibuat seperti kapal laut. Mulai dari jendela berbentuk bulat layaknya jendela kapal, hingga pernak-pernik berupa jangkar. Masjid ini juga memiliki ruang tamu dan dapur.

“Ornamen-ornamennya itu seperti apa yang ada di dalam kapal. Seolah-olah ini fotokopinya kapal laut,” ujar Mamit Rosmiadi, Ketua DKM Al-Baakhirah Baros Cimahi dikutip dari Taruhan Bola Online, Kamis (2/6/2016).

Bentuk kapal dan desain yang unik ini membuat para pengunjung merasa terkesan. Mereka memuji keunikan dari kapal yang tak biasa ini.

“Unik sekali ada ban pelampungnya. Dan di bagian atas tadi saya lihat ada kemudinya layaknya di kapal,” ucap seorang warga bernama Mega.

Nah, masjid ini sangat cocok untuk wisata religi di bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari. Dengan desain yang unik, tentu akan memberikan nuansa perjalanan religi yang berbeda pula.