free html hit counter

Masih Haus Gelar, Firman Utina Belum Berpikir Pensiun

BeritaBintang – Firman Utina dikenal sebagai salah seorang gelandang serang terbaik dalam sejarah sepakbola Indonesia. Pria asal Manado berusia 34 tahun itu sudah malang melintang dalam kancah sepakbola nasional.

Sederet gelar juara liga dan turnamen sudah diraih bersama sejumlah tim. Arema Malang, Sriwijaya FC, dan Persib Bandung pernah merasakan gelar juara berkat permainan apik Firman.

Kini, pemain yang identik dengan nomor punggung 15 itu kembali jadi bagian Sriwijaya FC. Tapi ia harus absen membela ‘Laskar Wong Kito’ di Piala Bhayangkara karena mengalami cedera pada bagian tulang fibula.

Sebagai pemain, Firman jelas gatal ingin kembali merumput. Tapi kondisinya saat ini tidak memungkinkan bermain. Ia pun harus berkutat dengan program pemulihan dan terapi agar segera sembuh.

Firman sendiri sadar usianya tak lagi muda untuk ukuran pesepakbola. Tapi ia belum berpikir untuk gantung sepatu alias pensiun.

Ia masih haus mempersembahkan gelar untuk tim yang dibelanya. Ia ingin berkontribusi maksimal dan penuh totalitas.

“Selagi masih bisa napas, belum ngeluh, lanjut terus saja jadi pemain,” kata Firman.

Ia mengaku masih menikmati peran sebagai pemain. Meski di sisi lain, ia berkeinginan menjadi pelatih suatu saat nanti. Ia sadar peran sebagai pemain dan pelatih memiliki perbedaan mencolok.

“Enak jadi pemain, tinggal menjalankan strategi pelatih. Kalau jadi pelatih harus memikirkan. Pemain tinggal ikut kata pelatih. Kalau pelatih susah, cepat beruban, cepat botak,” kelakar Firman.

Sementara sebagai pemain yang sudah meraih berbagai gelar, ada satu keinginan yang belum terwujud. Ia ingin meraih prestasi bersama tim nasional (timnas) Indonesia.

“Inginnya sih juara bersama timnas. Tapi saat ini sepertinya sudah tidak mungkin,” ucap Firman.