free html hit counter

Masa Lalu Nokia di Ponsel Baru Microsoft

BeritaBintang – Beberapa bulan yang lalu Microsoft Devices dikabarkan akan merilis dua ponsel pintar berbasis Windows Mobile 10 yang konon bernama Cityman dan Talkman. Setelah dirunut ke belakang, ternyata kedua nama ini bukan kode baru.

Sebab sebelumnya, beberapa puluhan tahun silam, Nokia pernah merilis sebuah ponsel yang diberi nam sama oleh Microsoft tersebut. Cuma bedanya, spesifikasi yang ditawarkan sangat jauh berbeda dengan seri saat ini.

Dikutip dari Bioskop168.com, Cityman dan Talkman sudah sangat lama digunakan oleh Nokia sebagai nama ponsel pintar. Mobira Cityman 900 dirilis pada tahun 1987, yang merupakan hasil kerjasama antara Nokia dan Mobira.

Sebagai ponsel di era 1980an, perangkat ini sangat besar dan berat bila dibandingkan dengan ponsel moderen saat ini. Cityman 900 memiliki dimensi183 x 43 x 79 mm dan berat tidak kurang dari 760 gram.

Nokia Cityman

Saat ini, perangkat tersebut hanya dapat dilihat di Museum Nokia yang ada di kantor pusat Nokia, di Finlandia. Namun tak sedikit yang menginginkan ponsel langka ini.

Telepon buatan Nokia tersebut cukup canggih untuk saat itu, tapi menurut standar sekarang sangat kecil. Misalnya, Cityman 900 menyediakan pengguna dengan informasi tentang durasi pembicaraan. Pengguna juga bisa mengatur volume dering, menampilkan nomor sendiri dan melihat nomor terakhir.

Perangkat ini juga menampilkan fungsi layar, indikator kekuatan sinyal, indikator baterai dan pilihan untuk mengatur keyboard. Waktu siaga dari Cityman hanya 14 jam, sedangkan waktu bicara terbatas hanya 50 menit.

Sementara, Nokia Mobira Talkman merupakan ponsel generasi yang lebih tua. Bahkan, ini adalah salah satu ponsel pertama di dunia. Berat ponsel ini bahkan mencapai 5 kilogram lebih.

Nokia Talkman

Sementara saat ini, Microsoft akan menghadirkan Cityman dengan layar 5,7 inci dan Talkman seluas 5,5 inci. Cityman akan mempunyai spesifikasi seperti kamera 20 megapiksel, prosesor Qualcomm octa-core dengan RAM 3 GB. Dengan baterai mencapai 3.000 mAh.

Sementara Talkman tak jauh berbeda, mulai dari internal memori dan spesifikasi kamera. Kecuali memang prosesornya yang didorong hingga ke hexa-core berbasis Qualcomm.