free html hit counter

Marco Rubio Mundur dari Bursa Kandidat Presiden AS

BeritaBintang –Senator AS, Marco Rubio dari Florida, pada Selasa malam, 15 Maret 2016, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai kandidat presiden dari Partai Republik. Pengumuman itu datang setelah Donald Trump menang secara signifikan di Florida.

Rubio yang disebut-sebut sebagai salah satu bintang muda dari Partai Republik, memperoleh kemenangan hanya di beberapa negara bagian seperti Minnesota, Puerto Rico dan District of Columbia. Rubio menyebutkan, dirinya  menyesal karena tidak bisa terus maju dalam persaingan menjadi orang nomor satu di Amerika.

“Semuanya telah menjadi rencana Tuhan bahwa saya tidak akan maju menjadi presiden pada tahun 2016 ini, dan sementara ini kampaye saya dihentikan. Namun, fakta bahwa saya telah melewati semuanya hingga sejauh ini, menjadi bukti bahwa Amerika adalah tempat yang spesial bagi kita semua, dan sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga negara ini,” ungkap Rubio, seperti dilansir dari Reuters, Rabu, 16 Maret 2016.

“Tidak peduli di mana saya pergi dan melangkah, saya akan tetap menjadi bagian dari masyarakat ini. Anda dan saya ada di negara yang sama, di mana bahkan seseorang seperti saya yang merupakan anak seorang bartender dan pelayan dari Miami bisa menjadi calon presiden. Saya ingin mengatakan kepada seluruh warga Amerika, jangan seorang pun membuat Anda ketakutan atau frustasi. Kita bisa saja tidak sependapat dengan kebijakan publik, namun saya percaya akan selalu ada harapan bagi semua orang untuk menjadi lebih baik,” tutur Rubio dalam pidatonya tersebut.

Ratusan teman, simpatisan dan pendukung Rubio berdatangan untuk menyampaikan dukungan meskipun Rubio telah mundur dari pencalonan presiden. “Dia adalah suara kami. Dia berasal dari lingkungan kami dan hal itu membuat kami bangga,” ujar Mabel Toledo (55), seperti dikutip dari Wall Street Journal.

Politisi keturunan Kuba-Amerika berusia 44 tahun itu mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada 13 April 2015. Selama masa kampanyenya, ia berusaha meyakinkan masyarakat bahwa dia merupakan masa depan yang baik bagi Amerika dari Partai Republik.

Setelah pengunduran diri Rubio dari bursa kandidat presiden, kini tersisa tiga kandidat dari Partai Republik yang akan bersaing yaitu Donald Trump, Senator Texas Ted Cruz, dan Gubernur Ohio John Kasich