free html hit counter

Mantan Panglima AU Turki Sanggah Otaki Kudeta

BeritaBintang –  Jenderal bintang empat yang juga eks Panglima Angkatan Udara (AU) Turki, Akιn Öztürk, sebelumnya disebutkan mengaku sebagai aktor intelektual kudeta militer pada 15 Juli 2016 lalu.

Hal tersebut turut diangkat kantor berita Turki, Anadolu Agency (AA), di mana sang jenderal disebutkan mengaku mengotaki kudeta militer yang akhirnya gagal menggulingkan rezim Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Akan tetapi, hal ini segera “diralat” AA yang turut mengutip bantahan Jenderal Öztürk di hadapan para jaksa pemeriksa. Öztürk sendiri jadi salah satu dari 26 perwira militer senior setara jenderal dan laksamana yang ditahan, pasca-kudeta militer di Turki gagal.

“Saya bukan orang yang merencanakan atau memimpin kudeta,” tegas Jenderal Öztürk kepada para jaksa pemeriksa, sebagaimana diwartakan BintangBola.Co , Selasa (19/7/2016).

Sebagaimana Presiden Erdogan dan para petinggi Turki lainnya, Jenderal Öztürk turut menunjuk pergerakan Gülen pimpinan Muhammed Fethullah Gülen yang berada di balik kup tersebut.

“Saya tidak tahu siapa yang merencanakan atau mengarahkan (kudeta) itu. Menurut pengalaman saya, sepertinya yang mencoba melakukan kup ini adalah (pergerakan) Gülen,” lanjutnya.

“Akan tetapi saya tidak bisa mengatakan siapa di internal militer Turki yang mengorganisir dan memerintahkan (kudeta) ini. Saya tidak punya informasi. Saya sendiri menentang struktur (upaya kudeta) ini,” tandas Jenderal Öztürk.