free html hit counter

Malaysia dan Singapura Bisa Merasakan Sulitnya Padamkan Kebakaran Hutan di Indonesia

BeritaBintang – Pemerintah Indonesia mengapresiasi bantuan Singapura dan Malaysia dalam proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap sampai ke negeri mereka.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, dalam prosesnya nanti negeri jiran itu bakal merasakan sulitnya memadamkan api di hutan dan lahan yang terbakar di musim kemarau. Meski tanpa bantuan mereka, Indonesia sudah semaksimal mungkin mengerahkan seluruh sumber daya yang ada dari pasukan TNI, Polri dan lainnya.

“Memang tidak mudah memadamkan (api, red) di musim kemarau ini. Supaya dia (negara tetangga, red) memahami juga di lapangan, jangan melihat dari jauh saja,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Sudah lebih dari 100 hari, kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilaya di Sumatera dan Kalimantan tak kunjung selesai, sampai asapnya menyelimuti sejumlah wilayah Malaysia dan Singapura, bahkan Thailand sebelah selatan.

“Namanya bencana alam. Saya kira usaha pemerintah sudah cukup besar. Pesawat dikerahkan, tentara dikerahkan,” imbuh JK sambil menambahkan faktor cuaca membuat proses pemadaman tak bisa dilakukan dalam waktu singat.