free html hit counter

Mahasiswa Bikin Mobil Tanpa Sopir Gunakan Hyundai Genesis

BeritaBintang –  Para mahasiswa Seoul National University (SNU) Korea Selatan berhasil menciptakan teknologi mobil otonom atau kendaraan yang dapat melaju ke tujuan tanpa dikendalikan sopir. Mobil ini diberi nama Snubber.

Snubber dibangun menggunakan basis sedan Hyundai Genesis model 2014. Mobil otonom itu sudah diuji di area kampus sekalgius menjadi taksi gratis bagi para mahasiswa penderita disabilitas.Demikian seperti dikutip dari Bioskopsemi

Seo Seung-Woo, director of the intelligent vehicle IT research center SNU mengatakan, taksi masa depan ini masih dalam tahap riset sehingga hanya dioperasikan di area kampus. Mobil itu masih membutuhkan pengujian mendalam untuk bisa digunakan di jalan umum.

Snubber dilengkapi dengan perangkat teknologi untuk mengetahui kondisi jalan, seperti kamera dan beberapa sensor.

Dalam pengoperasiannya, mahasiswa tetap berada di belakang kemudi untuk mengantisipasi jika ada kondisi yang tidak diinginkan.

Selama pengujian, kecepatan mobil dibatasi hanya sekira 29 kilometer per jam. Pihak SNU mengklaim Snubber bisa berpindah lajur, menikung, menghindari mobil yang berhenti mendadak, termasuk mendeteksi orang yang menyeberang.

Hingga saat ini waktu pengujian sudah mencapai enam bulan.

Sekadar diketahui, dalam kondisi standar Hyundai Genesis model 2014 dibekali mesin 5,0 liter GDi yang sanggup menyemburkan tenaga 413 ps pada putaran mesin 6.000 rpm. Mesin besar tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan. Akseselerasi dari 0-100 kilometer per jam dapat diraih dalam 5,4 detik dengan kecepatan maksimum 249 km/jam.