free html hit counter

Lukisan Rp1,7 Triliun Ditemukan di Loteng Rumah yang Bocor

BeritaBintang –   Seorang pria mendapatkan penemuan yang tidak diduga-duga saat mendapati sebuah mahakarya pelukis Italia Caravaggio di loteng rumahnya di Toulouse, Prancis. Lukisan yang nilainya dapat mencapai 120 juta euro atau sekira Rp1,7 triliun itub ditemukan saat ia naik untuk membetulkan atap rumah yang bocor.

Pemeriksaan awal yang dilakukan ahli seni menunjukkan bahwa lukisan tersebut merupakan salah satu dari dua versi lukisan Caravaggio yang menggambarkan pemenggalan Holofernes, seorang jenderal tentara Nebukadnezar oleh Judith seorang janda cantik dari Bethulia, yang dilukis pada 1600an.

Salah satu versi lukisan tersebut terpajang di Galeri Nasional Seni kuno di Roma, Italia, sedangkan versi lainnya, yang kemungkinan ditemukan di Toulouse menghilang sekira seabad setelah selesai dibuat.

Manurut keterangan harian Prancis Le Figaro yang dilansir dari BintangBola, Rabu (13/4/2016), jika lukisan yang ditemukan ini asli, maka peling sedikit nilainya mencapai 100 juta euro. Saat ini Museum Louvre Prancis tengah melakukan pengujian yang bisa memakan waktu selama setahun hingga selesai.

Kementerian Kebudayaan Prancis telah menjadikan lukisan ini sebagai harta nasional sehingga lukisan ini tidak dapat dibawa keluar dari Prancis sampai 30 bulan sementara para ahli memastikan keasliannya.

Michelangelo Merisi da Caravaggio adalah seorang pelukis Italia yang populer selama hidupnya pada akhir 1600an dan awal 1700an. Namun, karyanya segera terlupakan beberapa saat setelah kematiannya hingga akhirnya kembali dikenal pada abad ke-20.